Ketika Quique Setien Membuka Pintu untuk Bakat Muda La Masia, Fondasi Masa Depan Barcelona?

robin -

Quique Setien

IDNGoal.news – Barcelona meraih hasil bagus pada dua laga lanjutan musim 2019/2020 ini. Di balik kemenangan yang diraih, Quique Setien juga membuka pintu bagi pemain muda jebolan La Masia untuk tampil di tim utama.

Quique Setien ditunjuk sebagai pelatih Barcelona pada awal tahun 2020. Dia menggantikan Ernesto Valverde punya banyak masalah dan gagal meraih prestasi di Supercopa de Espana.

Awal karir Quique Setien bersama klub asal Catalan tidak berjalan mulus. Upayanya mengganti formasi 4-3-3 menuai hasil buruk. Lalu, dia juga dituding kurang memberi porsi bermain kepada pemain muda jebolan La Masia.

Namun, semua kritik itu ditepis Quique Setien pada dua laga terakhir, saat menang lawan Leganes dan Mallorca. Formasi 4-3-3 telah kembali dan Barcelona bermain bagus dan menyerang. Lalu, bagaimana dengan pemain muda?

Quique Setien Buka Pintu Bagi Pemain La Masia

Quique Setien sempat mengeluhkan regulasi baru pergantian lima pemain di La Liga. Saat itu, dia merasa regulasi ini bisa membuat tim lawan tetap bugar di menit akhir. Padahal, Barcelona sering mendapat gol di menit akhir.

Namun, keluhan itu tidak terbukti. Barcelona tetap tangguh dan menang atas lawan-lawanya. Justru regulasi itu membuat Quique Setien bisa membuka pintu bagi pemain muda dari La Masia untuk punya kesempatan bermain di tim utama.

Ronald Araujo memberi kejutan besar di laga melawan Mallorca. Pemain 21 tahun tampil sebagai pemain inti untuk menggantikan Clement Lenglet. Dia tampil paripurna bersama Gerard Pique dan membuat Barcelona mencatat cleansheet.

Pada laga melawan Leganes, giliran Ansu Fati yang dimainkan sejak menit awal. Pemain 17 tahun tampil sangat bagus. Dia mencetak satu gol, gol kelimanya musim ini. Ansu Fati tidak tampil di laga melawan Mallorca.

Kembalinya Riqui Puig

Kembalinya Riqui Puig

Riqui Puig. © AP

 

Riqui Puig, yang digadang-gadang bakal menjadi penerus Andres Iniesta, juga sempat hilang dari skuad utama. Namun, kini pemain 20 tahun kembali mendapat kesempatan karena regulasi lima pergantian pemain.

Riqui Puig dimainkan sebagai pengganti pada laga melawan Leganes. Dia masuk menggantikan Ivan Rakitic pada menit ke-73. Quique Setien pun sangat puas dengan aksi Riqui Puig.

“Dia sangat fokus dan dia memanfaatkan menit-menit yang didapatkan. Saya menghargai pekerjaan dan kehadirannya. Sayang dia tidak mencetak gol, tapi dia bermain sangat baik,” ucap mantan pelatih Real Betis.

Selain nama-nama di atas, Quique Setien juga masih punya Álex Collado dan Monchu yang menanti kesempatan bermain.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?