Kontribusi Hakan Calhanoglu jadi Sorotan Gattuso

reza - Liga Italia

Hakan Calhanoglu

IDNGoal.news – Hakan Calhanoglu mulai menjadi sorotan bagi pelatih AC Milan, Gennaro Gattuso. Sang pelatih mengaku punya harapan lebih banyak pada Calhanoglu. Tapi, Gattuso juga tak ingin mengkritik performa pemain asal Turki.

Calhanoglu sejauh ini masih berjuang untuk bisa mendapatkan gol pertamanya di pentas Serie A musim 2018/19. Dia tak kunjung mencetak gol meskipun selama ini selalu jadi pilihan utama di susunan pemain Milan.

Menurut Gattuso, kendati belum mencetak gol, Calhanoglu tidak layak untuk menuai kritik. Sebab, dia sudah memberikan cukup banyak kontribusi bagi permainan Milan. Terutama di lini serang.

Posisi ideal Hakan Calhanoglu adalah di belakang penyerang. Namun, Gattuso tidak bermain dengan skema itu. Pelatih 41 tahun mengandalkan formasi 4-3-3 dan Calhanoglu pun lebih sering bermain di posisi winger.

Dalam catatan Whoscored, Calhanoglu sejauh ini telah bermain sebagai winger kiri dan sayap kiri pada 18 laga Milan. Calhanoglu hanya tiga kali bermain sebagai gelandang serang.

“Saya memang mengharapkan lebih banyak dari Calhanoglu karena dia punya teknik yang luar biasa. Tapi, kemudian Anda juga harus melihat seberapa jauh dia berlari, jarak tempuhnya dan etos kerja yang dilakukan,” papar Gattuso pada Sky Sports.

“Saya pikir, dia mendapatkan kritik yang tidak adil. Saya suka dengan caranya menafsirkan apa yang menjadi tugasnya. Dia bukan pemain sayap, saya tahu itu. Tapi, dia bisa menghubungkan lini tengah dan depan,” tandas mantan pelatih Palermo.

Terlepas dari Hakan Calhanoglu, Gattuso menyebut adalah masalah yang dialami di lini tengah Milan. Bukan soal kualitas yang minim, tapi justru kegamangan dalam menurunkan pemain menyusul sembuhnya Lucas Biglia pasca cedera yang cukup parah.

Selama Biglia mengalami cedera, Gattuso memainkan Tiemoue Bakayoko. Pemain asal Prancis tersebut kini tampil bagus dan mulai menyatu dengan permainan Milan. Saat situasi membaik bagi Bakayoko, Biglia datang dan membuat Gattuso pusing.

“Jika memang itu masalahnya, maka kami harus segera menyelesaikannya. Biglia sudah absen selama tiga bulan dan butuh waktu untuk mengembalikan performanya. Kami akan melihat apakah kami butuh tenaganya [Bakayoko] di peran lain yang lebih luas,” paparnya.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?