Kunci Kesuksesan Italia di Euro 2020: Ambisi Bangkit Usai Gagal Lolos ke Piala Dunia 2018

robin -

Mancini

IDNGoal.news – Pelatih Italia, Roberto Mancini mengungkapkan kunci kesuksesan tim asuhannya selama tiga tahun terakhir hingga menjadi juara di pentas Euro 2020.

Sebelum era Mancini, Italia yang dilatih Giampiero Ventura gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Itu adalah prestasi terburuk mereka sejak 1966 silam.

Setelah ditunjuk menjadi pengganti, Mancini pun kemudian sukses membawa Italia kembali berjaya. Hingga kini Gli Azzurri masih memegang rekor tak terkalahkan dalam 34 laga beruntun.

Penjelasan Mancini

Puncak prestasi Italia asuhan Mancini adalah menjuarai Euro 2020 usai mengalahkan Inggris di partai final pekan lalu. Mancini pun menjelaskan perjalanan tim asuhannya dalam tiga tahun terakhir.

“Kami memulainya tiga tahun lalu dan mengembangkan semangat tim hebat yang terlihat jelas di Euro. Mereka memberikan segalanya, itu sebabnya pada akhirnya kami melakukannya,” ujar Mancini kepada Sport1.

“Saya segera menyadari betapa mereka ingin menebus kekecewaan soal Piala Dunia dan mereka siap mengorbankan diri untuk negara. Kami memberikan kesempatan kepada pemain yang tiga tahun lalu tidak begitu terkenal di luar negeri, dan itu berjalan dengan baik.” jelasnya.

Obat Luka

Lebih lanjut, Mancini juga mengakui bahwa kemenangan di Euro 2020 yang diraih di Wembley, London menjadi obat penawar luka bagi dirinya pribadi.

Di venue yang sama pada partai final Piala Champions 1992 silam, Sampdoria yang diperkuat Mancini harus takluk dari Barcelona lewat babak extra time.

“Saya ingat malam itu dengan sangat baik, tetapi sekarang lukanya terasa seperti sembuh lebih baik,” tukas Mancio.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?