Legenda Piala Eropa: Andres Iniesta, Bintang Kejayaan Spanyol di Polandia-Ukraina 2012

robin -

Andres Iniesta

IDNGoal.news – Masa keemasan Spanyol pada periode 2008 hingga 2012 tak lepas dari kontribusi luar biasa yang diberikan gelandang Andres Iniesta, yang saat itu juga tengah menjadi tulang punggung Barcelona.

Setelah tampil apik di Euro 2008 dan menjadi bintang kemenangan Spanyol di Piala Dunia 2010, Iniesta benar-benar mencapai puncak performanya di Euro 2012 Polandia dan Ukraina.

Dalam gelaran tersebut, Iniesta tercatat tiga kali meraih penghargaan pemain terbaik termasuk partai final. Iniesta pun terpilih sebagai pemain terbaik turnamen.

Tiga Gelar Man of the Match

Iniesta mengawali pentas Euro 2012 dengan cemerlang. Meski Spanyol hanya bermain imbang 1-1 kontra Italia, akan tetapi gelandang kelahiran 11 Mei 1984 itu menunjukkan performa ciamik sehingga diberi gelar Man of the Match.

Iniesta kembali diganjar penghargaan Man of the Match atas performanya di laga terakhir penyisihan Grup C kontra Kroasia, di mana ia menyumbang assist untuk gol penentu kemenangan Spanyol yang dicetak Jesus Navas.

Gelar Man of the Match ketiga Iniesta di Euro 2012 ia dapat di partai final, di mana Spanyol kembali bertemu Italia.

Kontribusi Luar Biasa Iniesta

Secara keseluruhan, Iniesta tercatat sama sekali tak mencetak gol dan hanya menyumbang satu assist di pentas Euro 2012. Namun, itu tak menghalanginya untuk meraih penghargaan pemain terbaik turnamen pilihan UEFA.

Panelis UEFA memilih Iniesta menjadi pemain terbaik karena pengaruh besarnya terhadap gaya bermain menyerang yang diusung Spanyol sepanjang turnamen.

Selain assist untuk gol Navas yang memastikan Spanyol keluar sebagai juara Grup C, Iniesta juga berperan dalam memberikan keypass kepada Cesc Fabregas yang berujung gol pembuka David Silva di partai final.

Rekor Fantastis Iniesta

Berkat gelar pemain terbaik turnamen edisi 2012 ini, Iniesta mengikuti jejak rekan setimnya di Barcelona, Xavi yang terpilih sebagai pemain terbaik turnamen di edisi 2008.

Tiga gelar Man of the Match Iniesta di Euro 2012 membuat dirinya menjadi satu-satunya pemain Spanyol yang meraih setidaknya satu penghargaan Man of the Match dalam setiap turnamen di mana La Furia Roja juara, setelah sebelumnya di Euro 2008 dan Piala Dunia 2010.

Tak hanya itu, Iniesta kini menjadi satu-satunya pemain yang sukses meraih penghargaan Man of the Match di tiga partai final akbar, yakni final Piala Dunia 2010, Euro 2012, dan Liga Champions 2015.

Senjakala Karier Iniesta

Setelah kegagalan Spanyol di Piala Dunia 2018 lalu, Iniesta akhirnya memutuskan untuk pensiun dari sepak bola internasional. Iniesta mencatatkan 131 caps bersama La Furia Roja dan mencetak 13 gol.

Tak hanya itu, pada 2018 lalu Iniesta juga memutuskan untuk tak melanjutkan kariernya bersama Barcelona. Iniesta lalu memilih untuk berpetualang ke J-League untuk bergabung dengan Vissel Kobe hingga saat ini.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?