Lionel Messi dan Para Raja Assist di 5 Kompetisi Top Eropa Sejauh Ini

admin - Liga Europa

Pemain PSG, Lionel Messi (kiri) di laga PSG vs Brest

IDNGoal.news – Lionel Messi menjadi pemain yang berbeda pada musim 2022/2023. Lionel Messi kini menjadi pemain kreatif di PSG dan itu dibuktikan dengan statusnya sebagai raja assist di Ligue 1 sejauh ini.

Persaingan di lima laga top Eropa makin memanas. Tak hanya klub, para pemain juga ikut bersaing untuk menampilkan kualitas terbaiknya. Salah satunya dalam perebutan gelar raja assist.

Gelar raja assist sering kali tenggelam oleh besarnya panggung perebutan top skor. Padahal assist juga sangat penting dalam proses terjadinya gol sebagai penentu kemenangan sebuah laga.

Lionel Messi menjadi pemain yang sangat piawai dalam urusan assist. Bersama Messi berikut empat pemain yang menjadi raja assist di kompetisi top Eropa sejauh ini.

Sergej Milinkovic-Savic

Milinkovic-Savic kembali memberikan kontribusi besar bagi Lazio musim ini. Gelandang tengah asal Serbia ini menjadi raja assist sementara di Serie A.

Milinkovic-Savic berhasil mencetak empat assist dari enam laga di Serie A bersama Lazio. Namun Milinkovic-Savic harus berbagi tempat dengan gelandang Udinese, Roberto Pereyra yang mengoleksi empat assist juga.

Musim lalu, Milinkovic-Savic juga menjadi pemain Lazio dengan assist tertinggi. Torehan 11 assistnya hanya kalah tiga dari striker Sassuolo, Domenico Berardi yang menjadi raja assist Serie A.

Lionel Messi

Lionel Messi tampil menggila di awal musim Liga Prancis bersama PSG. Bukan sebagai pencetak gol, Messi keluar sebagai raja assist sementara Liga Prancis.

Messi berhasil mencetak tujuh assist dari tujuh laganya bersama PSG. Torehan tersebut hanya terpaut satu dari rekan setimnya di PSG, Neymar.

Messi memang menjadi pemain yang sangat komplit saat ini. Messi tak hanya piawai dalam mencetak gol, namun ia juga sangat ahli dalam memberikan assist.

Messi bahkan langsung mencetak 14 assist di musim perdananya bersama PSG. Torehan itu hanya kalah tiga dari Kylian Mbappe yang keluar sebagai raja assist Liga Prancis.

Joao Felix

Musim ini menjadi pembuktian bagi Joao Felix di Atletico Madrid. Pemain termahal Atletico Madrid ini sukses menjadi raja assist sementara di La Liga.

Hingga Jornada ke-5, Felix berhasil mencatatkan tiga assist bagi Atletico Madrid. Felix bersanding dengan gelandang serang RCD Mallorca, Lee Kang-In.

Torehan tiga assist menjadi awal yang baik bagi karier Felix di Atletico Madrid. Sebelumnya Felix tidak pernah bisa mencetak lebih dari enam assist dalam satu musim selama berada di bawah asuhan Diego Simeone.

Kevin De Bruyne

Kevin De Bruyne kembali membuktikan kepiawaiannya dalam mencetak assist. De Bruyne saat ini memimpin daftar pencetak assist di Premier League.

De Bruyne yang sudah menginjak usia 31 tahun masih punya insting tajam dalam mencetak assist. Dari enam laga, De Bruyne berhasil mencetak empat assist bagi Manchester City.

Status ini akan menjadi comeback De Bruyne untuk memburu gelar raja assist Premier League. De Bruyne terakhir kali merasakan gelar tersebut ketika mampu mencetak 20 assist pada Premier League musim 2019/2020.

Randal Kolo Muani

Bundesliga berjalan lebih menarik di musim 2022/2023. Bayern Munchen yang setiap kali mendominasi di klasemen maupun daftar top skor dan top assist akhirnya tersaingi oleh tim lain.

Dalam daftar assist, Randal Kolo Muani memimpin Bundesliga sementara. Gelandang serang Eintracht Frankfurt ini mencetak empat assist hingga pekan ke-6 Bundesliga.

Hadirnya Muani sebagai pemuncak assist sementara menjadi sinyal patahnya dominasi Thomas Muller. Gelandang serang Bayern Munchen itu sudah menjadi raja assist Bundesliga selama tiga musim terakhir.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?