Liverpool Era Klopp dan Madrid Era Mourinho, Mana Lawan Paling Sulit Bagi Guardiola?

robin -

Pep Guardiola

IDNGoal.news – Manajer Manchester City Josep Guardiola menunjuk Liverpool era Jurgen Klopp sebagai lawan tersulit di sepanjang karirnya dan bukan lagi Real Madrid era Jose Mourinho.

Liverpool bersaing ketat dengan Man City sejak musim lalu. Saat itu The Reds sempat memuncaki klasemen namun pada akhirnya mereka disalip The Citizen dan kalah dalam perburuan gelar juara liga.

Akan tetapi pada musim ini Liverpool tampil ganas. The Reds pun dengan mudah melenggang menjadi juara Premier League.

Klopp sendiri mencatatkan 19 pertemuan dengan Guardiola. Ia menang sembilan kali sementara sang rival cuma delapan kali saja.

Guardiola juga memiliki catatan yang buruk di Anfield. Dari lima pertemuan ia tak pernah menang di sana.

Liverpool, Lawan Tertangguh Guardiola

Josep Guardiola pernah menghadapi banyak tim-tim hebat di sepanjang karir kepelatihannya. Namun ia mengakui tak ada tim yang begitu menyulitkan seperti Liverpool dalam dua musim terakhir.

Guardiola mengatakan bahwa Liverpool sangat sulit dibendung, baik ketika menyerang mau pun bertahan. Mereka makin kuat karena memiliki mental yang hebat pula.

“Lawan terberat yang pernah saya hadapi dalam karir saya adalah Liverpool ini dari tahun lalu dan yang ini,” kata Guardiola kepada DAZN, via Goal.

“Jika Anda membiarkan diri Anda dikuasai, mereka akan mengunci Anda di area itu dan Anda tidak dapat melarikan diri. Ketika Anda mendominasi mereka, mereka berlari ke ruang kosong seperti tidak ada orang lain,” serunya.

“Mereka sangat cepat saat mundur. Mereka sangat kuat secara strategi. Para pemain mereka sangat kuat secara mental. [Klopp] adalah rival yang telah membuat saya berpikir tentang bagaimana cara mengalahkannya,” bebernya.

Lebih Kuat dari Madrid Era Mourinho

Saat masih menukangi Barcelona, Josep Guardiola mengakui dibuat kerepotan oleh Real Madrid yang kala itu ditukangi oleh Jose Mourinho. Bahkan dari perseteruan itu, Guardiola mengaku bisa menjadi pelatih yang lebih baik.

Akan tetapi kini ia mengakui bahwa Madrid era Mourinho itu bukan lagi tim terkuat yang pernah ia hadapi di sepanjang karirnya. Tempat itu kini dikuasai oleh Liverpool.

“Saya selalu mengatakan bahwa Real Madrid adalah tim yang sangat kuat dalam karir saya, mereka membantu saya untuk menjadi pelatih yang lebih baik dengan pertandingan-pertandingan sulit dan kompetisi dengan Jose Mourinho, [Manuel] Pellegrini dan semua pelatih yang mereka miliki,” ujar Guardiola.

“Jika Anda bertanya kepada saya yang merupakan rival paling sulit untuk saya hadapi, itu adalah Liverpool. Tahun-tahun pertama ketika saya tiba di Inggris, Liverpool sedikit lebih lemah dari sekarang dan Real Madrid lebih kuat. Sekarang, Liverpool ini adalah tersulit yang pernah saya temui dalam karier kepelatihan saya,” tegasnya.

Manchester City memang sudah kalah di Premier League dari Liverpool. Namun Josep Guardiola masih berpeluang juara di Liga Champions, di mana sekarang mereka berhadapan dengan Real Madrid di babak 16 besar.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?