Liverpool Menang Besar, Jurgen Klopp Jadi Ketagihan Melakukan Rotasi

robin -

Jurgen Klopp

IDNGoal.news – Jurgen Klopp melakukan pergantian yang cukup besar-besaran di starting XI Liverpool saat menghadapi Everton. Dan hasil yang didapatkan sangat memuaskan.

Dibadingkan saat menghadapi Brighton akhir pekan lalu, Liverpool mengganti lima pemain dalam starting XI-nya. Xherdan Shaqiri, yang hanya bermain sebanyak dua kali sebelum laga ini, diturunkan sejak menit awal.

Tidak hanya sekadar mengganti pemain, Liverpool juga mengubah formasi 4-3-3 yang acapkali digunakan menjadi 4-2-3-1. Dan perubahan itu menghasilkan kemenangan penting bagi the Reds.

Mereka berhasil menuai kemenangan dengan skor telak 5-2 atas rival sekotanya, Everton, di laga lanjutan Premier League hari Kamis (5/12/2019) tadi. Dengan begitu, jarak Liverpool dengan tim peringkat kedua jadi melebar lagi.

Pujian Klopp

Tiga gol Liverpool pada laga kali ini dicetak oleh sosok yang cukup sering menjadi cadangan. Dua di antaranya diborong seorang diri oleh Divock Origi, sementara satunya dicetak Xherdan Shaqiri.

Jelas, menang tanpa skuat penuhnya membuat Klopp girang bukan kepalang. Ia sampai berjanji akan melakukan rotasi pemain lebih sering di kemudian hari.

“Semua golnya luar biasa, indah, menggunakan operan yang sensasional, permainan yang super. Saya sangat menyukainya,” ujar Klopp kepada awak media, seperti yang dikutip dari Goal International.

“Kami butuh tenaga yang bugar dan saya harus memberi rasa hormat kepada anak-anak di dalam skuat, hanya itu. Mereka membuktikannya. Rasanya senang jika melakukan perubahan, semuanya siap menyajikan performa seperti ini,” lanjutnya.

Masih Butuh Perbaikan

Mantan pelatih Borussia Dortmund itu tidak tanggung-tanggung dalam memuji anak asuhnya. Kendati begitu, ia tetap menyoroti beberapa hal yang dirasa kurang seperti di sektor pertahanan.

“Saya berbicara banyak soal kualitas skuat jadi kami harus menunjukkannya. Apa yang mereka buat itu luar biasa. Gol Divock, umpan Sadio, Shaqiri segalnya, Lallana di mana-mana,” tambahnya.

“Begitu banyak momen sepak bola yang bagus namun dari waktu ke waktu, kami sedikit karatan di area pertahanan. Mereka bermain dengan sangat langsung dan kami punya banyak peluang dari situasi bola kedua,” tutupnya.

Rotasi jelas sangat dibutuhkan Liverpool di tengah jadwal yang padat. Mereka bakalan menghadapi lima laga dalam kurun waktu dua pekan saja. Kesibukan ini muncul karena keikutsertaan Liverpool di ajang Piala Dunia Antarklub.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?