Manchester United Lagi Krisis Bek? Belajarlah dari Liverpool!

robin -

Ole Gunnar Solskjaer

IDNGoal.news – Manchester United menghadapi badai cedera. Dua pemain utamanya di jantung pertahanan, Harry Maguire dan Raphael Varane, diprediksi takkan bermain saat menghadapi Leicester City akhir pekan ini.

Maguire sudah lebih dulu menjadi penghuni ruang rawat. Ia mengalami cedera dan telah melewatkan dua pertandingan terakhir Manchester United, juga harus merelakan tempatnya di Timnas Inggris diambil oleh pemain lain.

Varane sendiri mengalami cedera baru-baru ini ketika sedang memperkuat Timnas Prancis. Pada laga final UEFA Nations League kontra Spanyol, eks penggawa Real Madrid tersebut harus ditarik keluar sebelum babak pertama berakhir.

Cederanya Maguire dan Varane adalah masalah besar buat Manchester United. Duet Victor Lindelof dan Eric Bailly diyakini bakalan membuat lini pertahanan klub berjuluk the Red Devils tersebut turun kelas.

Belajar dari Liverpool

Secara kuantitas, Manchester United seharusnya tidak perlu khawatir. Lindelof dan Bailly masih bugar, ditambah dengan Phil Jones yang akhirnya bisa bermain setelah mengalami cedera panjang.

Paling tidak, klub besutan Ole Gunnar Solskjaer tersebut tidak mengalami nasib yang parah seperti Liverpool. Sang musuh bebuyutan pernah mengalami badai cedera yang membuat Virgil van Dijk, Joe Gomez dan Joel Matip menepi cukup lama.

Jurgen Klopp selaku pelatih Liverpool tidak kehabisan akal. Ia mengubah Fabinho menjadi ‘bek darurat’ dan memasangnya dengan beberapa pemain muda. Bahkan tidak jarang Fabinho berduet dengan gelandang lainnya, Jordan Henderson.

Keduanya bahkan sempat bermain bersamaan ketika Liverpool bertemu Manchester United dalam laga Premier League bulan Januari lalu. Hasilnya cukup positif, di mana the Reds berhasil mengantongi satu poin dan membukukan clean sheet.

Siapa yang Bisa Dijadikan Bek?

Mengubah gelandang menjadi pemain bertahan sangatlah mungkin dilakukan Solskjaer. Tiga bek Manchester United saat ini diragukan kualitasnya. Dan dalam situasi seperti ini, ada baiknya buat Solskjaer untuk memiliki banyak pilihan.

Tapi, siapa gelandang Manchester United yang bisa difungsikan sebagai bek? Jawabannya Scott McTominay. Pemain berumur 24 tahun tersebut sudah cukup familiar bermain sebagai bek ketika memperkuat Timnas Skotlandia.

Pada tahun 2020 lalu, Gary Neville yang merupakan legenda Manchester United pernah memberikan pujian kepadanya. “Ketika saya menyaksikan McTominay tampil, saya berpikir apakah dia bisa digunakan sebagai bek,” katanya kepada Sky Sports.

“Dia agresif, punya kecepatan, pemahaman permainannya cukup bagus, dia masih muda,” pungkasnya.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?