Marquinhos, Si Bintang Muda Baru Arsenal

admin - UEFA Nations League

Pemain sayap Arsenal, Marquinhos merayakan gol ke gawang FC Zurich pada pekan ke-1 Grup A Liga Europa 2022/2023, Kamis (9/9/2022) malam WIB.

IDNGoal.news – Marquinhos menjadi bintang pada kemenangan 2-1 Arsenal atas FC Zurich di AFG Arena, Kamis (9/9/2022) malam WIB. Ia berhasil mencatatkan satu gol dan satu assist pada pertandingan tersebut.

Pemain berusia 19 tahun ini lebih dulu membuka keunggulan Arsenal di menit ke-16. Ia dengan sempurna melakukan first time shoot setelah sebelumnya mencari ruang untuk menerima umpan silang mendatar dari Eddie Nketiah.

Marquinhos kemudian membalas jasa Nketiah di menit ke-62. Dari sayap kanan, pemain asal Brasil ini melakukan umpan silang yang akurat dengan kaki kirinya untuk mendarat ke kepala Nketiah.

Tambahan tiga poin membuat Arsenal berada di puncak klasemen sementara Grup A Liga Europa 2022/2023. Laga kedua nanti akan berat karena Arsenal harus menghadapi Feyenoord.

Laga Debut

Pertandingan tersebut menjadi laga debut Marquinhos bersama Arsenal. Ia sendiri baru saja didatangkan dari Sao Paulo pada musim panas ini.

Dalam tiga laga terakhir Arsenal di Liga Inggris, Marquinhos sejatinya sudah masuk bangku cadangan. Namun, ia belum diberi kesempatan merumput sebagai pemain pengganti.

Sebelum bermain di tim senior, Marquinhos diberikan kesempatan dulu untuk bermain di Arsenal U-21. Hasilnya memukau. Dari tiga laga yang dijalani, ia mencetak tiga gol dan satu assist.

Sistem Baru

Marquinhos posisi naturalnya adalah seorang sayap kanan. Namun, ia bermain di formasi 3-4-1-2, sistem yang terbilang baru bagi Arsenal di musim ini.

Marquinhos ditempatkan di posisi wing back kanan. Karena kekuatan kakinya adalah sebelah kiri, ia dengan mudah melakukan cut inside ataupun in-swing cross.

Dengan kata lain, Marquinhos menawarkan satu variasi baru di sistem bermain milik Mikel Arteta. Ia dapat menjadi senjata mematikan di laga-laga lain.

Nyaris Dipinjamkan

Marquinhos sebetulnya nyaris dipinjamkan pada musim panas lalu, walaupun baru saja didatangkan. Selain karena usianya yang terlampau muda, Marquinhos memang belum dapat banyak kesempatan main di klub sebelumnya.

Sao Paulo baru mempromosikannya ke tim senior di musim 2021/2022. Selama musim itu, Marquinhos bermain sebanyak 42 kali di seluruh ajang.

Torehan golnya pun tidak buruk-buruk amat sebagai pemain yang masih berusia 18 tahun kala itu. Ia mencatatkan empat gol dan tiga assist.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?