Masalah AC Milan di Liga Champions Bukan Soal Kualitas, Tetapi Soal Pengalaman

admin - Liga Champion

Pemain AC Milan, Sandro Tonali dan Rade Krunic

IDNGoal.news – AC Milan dua kali tidak berkutik di tangan Chelsea saat bertemu di Grup E Liga Champions 2022/2023. Dua kekalahan tersebut pun diperoleh terlalu mudah.

Milan kalah 0-3 di Stamford Bridge, lalu dipaksa bertekuk lutut di San Siro dengan skor 0-2. Apa yang terjadi seperti tidak menunjukkan Milan yang sesungguhnya.

Pasalnya di Liga Italia, Milan begitu perkasa. Dari sembilan pertandingan, Milan hanya kalah satu kali. Perbedaan golnya pun mencolok. Rossoneri mencetak 18 gol dan kemasukan sembilan gol.

Eks pemain AC Milan Demetrio Albertini menegaskan, masalah yang dihadapi Milan di kompetisi bergengsi di di daratan Eropa itu adalah pengalaman. Para pemain muda di dalam skuat masih butuh banyak pengalaman agar bisa mengatasi laga-laga berat.

Tidak Perlu Ubah Pendekatan

Oleh sebab itu, Albertini merasa Milan tidak perlu banyak melakukan perubahan pendekatan soal filosofi. Tidak masalah dengan filosofi sekarang yang ada.

Jika berbicara soal pengalaman, maka Milan hanya perlu sedikit lebih banyak waktu. Para pemain harus membiasakan diri lebih sering di atmosfer pertandingan antarklub di Eropa.

“Tidak perlu mengubah pendekatan tim saat main di Serie A atau di Champions League karena apa yang sudah dilakukan Milan sudah berjalan dengan baik,” ujar dia.

“Hanya dengan sedikit lebih banyak pengalaman, Milan pasti akan mampu menaikkan level di Eropa,” katanya lagi kepada Gazzetta dello Sport.

Ikuti Prosesnya

Albertini juga berbicara soal proses. Milan tidak perlu terburu-buru untuk segera meraih sukses kembali di Liga Champions.

Ada proses yang perlu diikuti oleh seluruh elemen tim. Lagipula Milan memang mengusung misi regenerasi dalam beberapa tahun terakhir.

“Ikuti saja jalur pertumbuhan yang sedang dikejar klub tanpa perlu menyimpan dari jalur tersebut. Jangan lupa pula untuk terus menambah pemain-pemain hebat ke dalam skuat,” ujar dia.

Jangan Patah Semangat

Satu hal lagi yang ditekankan Albertini adalah jangan patah semangat. Klise memang, tetapi pesan itu yang harus diingat oleh seluruh pemain dan pelatih Milan.

Sebab, jika memang Liga Champions belum rezekinya di musim ini, Milan masih punya sesuatu yang layak diperjuangkan: Scudetto.

“Tim tidak boleh kehilangan semangat. Tidak boleh juga kehilangan kemurahan hati yang memungkinkan mereka memenangkan Scudetto,” tandas dia.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?