Membedah Performa 4 Bek Tengah yang Dipanggil Gareth Southgate ke Timnas Inggris

admin - Piala Dunia

Bek Timnas Inggris dan Manchester United, Harry Maguire.

IDNGoal.news – Timnas Inggris akan bermain di UEFA Nations League 2022/23 pekan ini. The Three Lions melakoni lawatan sulit. Sebab, lawan yang dihadapi adalah Timnas Italia dan Timnas Jerman.

Sebelumnya, Gareth Southgate sudah merilis 28 nama-nama pemain untuk persiapan laga ini. Dari daftar yang ia panggil itu, timbul sejumlah reaksi pro kontra dari beberapa media maupun publik Inggris.

Selain tidak dipanggilnya Jadon Sancho, perdebatan seru terjadi untuk komposisi lini belakang. Beberapa pemain dinilai tidak berada dalam kondisi terbaik, contohnya Harry Maguire dan Luke Shaw.

Lantas, siapa saja bek-bek tengah yang dipanggil ke Timnas Inggris? Mari kita membedah performa para penghuni lini belakang timnas Inggris, khususnya di posisi bek tengah.

Eric Dier

Eric Dier sedang menikmati musim yang konsisten di Tottenham Hotspur. Kali ini konsistensi yang ditunjukkan sejalan dengan performa Spurs yang kian menanjak di Premier League.

Sejak The Lilywhites mendatangkan Antonio Conte, Dier memang tak tergantikan di jantung pertahanan. Bersama duo Christan Romero dan Ben Davies, Dier membentuk trio yang sulit dilewati pemain depan lawan.

“Saya merasa, secara konsistensi, ini musim terbaik saya selama di Tottenham. Saya tidak pernah berpikir saya pernah menunjukkan konsistensi dalam penampilan yang saya tunjukkan seperti musim ini,” kata Eric Dier dilansir dari laman resmi FA.

Harry Maguire

Munculnya nama Maguire dalam daftar 28 skuat timnas Inggris langsung mengundang tanda tanya. Harry Maguire itu kini mengalami situasi yang kurang apik bersama Manchester United.

Sejak kedatangan Lisandro Martinez dan makin membaiknya performa Raphael Varane, Maguire harus puas duduk di bangku cadangan. Tercatat, eks Leicester City ini baru tiga kali starter bersama MU di semua ajang.

Terlepas catatan yang kurang impresif bersama Setan Merah, pengalaman Harry Maguire di pentas internasional nyatanya masih sangat dibutuhkan oleh Southgate. Tak jarang, Maguire begitu tampil baik ketika mengenakan jersey tim nasional.

John Stones

John Stones yang beberapa musim terakhir kesulitan menembus skuat inti Manchester City, mendadak jadi kesayangan Pep Guardiola belakangan ini. Cederanya Aymeric Laporte menjadi keberkahan tersendiri untuknya.

Meskipun City membeli Manuel Akanji, Stones tidak kehilangan tempatnya. Selain mempunyai kapasitas menjadi bek tengah, ia mampu bermain sebagai bek sayap kanan dengan baik. Dan efeknya, Kyle Walker yang sudah berpengalaman di posisi bek sayap ia buat duduk di bangku cadangan.

Stones juga mencatat tujuh kali penampilan serta satu gol dan dua assist di semua ajang. Tak heran, berkat performa impresifnya sejauh ini Southgate pun terkesima dengan kemampuannya.

Fikayo Tomori

Pemain terakhir adalah Fikayo Tomori. Pemain yang pernah memperkuat timnas Kanada di level junior ini sudah memiliki tiga caps bersama timnas Inggris. Tomori sedang bagus-bagusnya bersama AC Milan musim ini.

Eks Chelsea menjadi andalan Stefano Pioli untuk mengisi posisi bek tengah Rossoneri, dengan mengemas sembilan kali tampil di semua ajang. Duetnya dengan Simon Kjaer maupun bersama Pierre Kalulu sulit ditembus.

Dilansir dari Squawka, sejauh ini Tomori sudah mencatat 12 sapuan. Tertinggi kedua setelah Kjaer. Lalu, enam kali intersep, dan akurasi umpan lambung mencapai 58%. Dengan pengalamannya berkarier di luar Inggris, Tomori bisa memberikan warna baru di pertahanan Three Lions.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?