Mencicipi Sepatu Rp2,5 Miliar Milik Messi

robin -

Lionel Messi

IDNGoal.news – Ketika sebuah rekor tercipta dalam pelelangan sepatu sepak bola dengan angka 32 ribu pound (Rp Rp 645 juta) semua orang sudah geleng-geleng kepala. Nah, di masa pandemi yang belum berlalu ini, ternyata rekor ini pun kembali pecah lantaran alas kaki tersebut sempat dikenakan Lionel Messi. Rekor baru ini nilainya Rp 2,5 M!

Menariknya, rekor pertama ditorehkan justru dengan dua faktor utama, yaitu sepatu itu pernah dipakai di laga pemuncak Piala Dunia Rusia 2018, dan sepatu itu dipakai pilar timnas Prancis, Paul Pogba. Ya, memang Messi relatif lebih kondang ketimbang Pogba, tapi gengsi apa yang bisa melebihi sebuah laga final piala dunia yang bisa mendorong pemecahan rekor fantastis di tengah pandemi ini?

Sepatu termahal di dunia bermerek Adidas itu dipakai Messi saat mencetak gol ke-644 untuk Barcelona pada Desember 2020 ke gawang Valladolid. Selidik punya selidik, ternyata angka ini adalah sebuah rekor baru yang pernah diceploskan seorang pemain ke gawang lawan untuk satu klub saja.

Rekor sebelumnya dipegang oleh legenda Brasil, Pele, saat memperkuat Santos. Menariknya lagi, usai mencetak sejarah keren ini, Messi justru menyumbangkan sepatu itu bukan untuk El Barca, tapi untuk sebuah museum seni di Catalunya.

Rekor baru pun tercipta di akhir April 2021 silam setelah kurator museum tersebut memohon izin kepada Messi untuk melelang sepatu tersebut di balai lelang Christie’s di London guna mengumpulkan donasi untuk Institusi Kesehatan di Catalunya dan Universitas Rumah Sakit Vall d’Hebron.

Euro Weekly News sehari sesudah lelang mengulas bahwa sepatu bermotif pelangi dengan dominasi warna biru khas Barcelona itu bukan hanya menarik tapi bernilai historis dan visual karena dilengkapi tanda tangan Messi beserta pasangannya, Antonella Roccuzzo, dan ketiga anak mereka: Thiago, Mateo, dan Ciro.

Banyak yang berspekulasi bahwa donasi tersebut diadakan berkaitan dengan wabah Covid-19, padahal sebenarnya sebagian besar uang akan diarahkan untuk penanganan anak-anak yang mengalami gangguan fisik dan emosional dalam rentang kasus yang luas.

Itulah sebabnya Messi pun mengatakan, “Saya ingin mendedikasikan upaya amal ini untuk anak-anak yang sedang bertarung untuk terus hidup sehat.” Keren!

Melihat cerita di balik rekor ini, wajar rasanya bila sepatu itu bernilai lebih dalam ketimbang sekadar nilai glamor sebuah kompetisi kelas dunia apapun. Ingin rasanya mencicipi dan mengenakan sepatu itu meski hanya sesaat ya..

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?