Mengapa Barcelona Masih Punya Utang Transfer Coutinho Meski Liverpool Sudah Terima Uangnya?

robin -

Philippe Coutinho

IDNGoal.news – Barcelona ternyata masih memiliki utang pembelian Philippe Coutinho meski Liverpool sudah menerima pembayaran penuh senilai total 142 juta poundsterling.

Baru-baru ini laporan keuangan Barcelona kembali menjadi sorotan menyusul kabar yang menyebut bahwa Barca meminta penundaan pembayaran pinjaman.

Meski Barcelona masih dinobatkan sebagai salah satu klub dengan pendapatan tahunan terbesar, akan tetapi jumlah utang yang mencapai total 286,9 juta poundsterling ke 19 klub membuat Blaugrana takut akan masa depan finansial mereka.

Soal Transfer Coutinho

Barcelona merekrut Coutinho dari Liverpool pada Januari 2018 lalu. Kala itu, klub Catalan tersebut bersedia melakukan pembayaran awal senilai 105 juta poundsterling.

Sementara itu, sisa 37 juta poundsterling dibayarkan dalam bentuk tambahan. Rupanya, sebesar 35,5 juta poundsterling dari nilai tersebut masih belum dibayar Barcelona hingga saat ini.

Menariknya, Liverpool ternyata sudah menerima pembayaran transfer Coutinho secara penuh karena mereka sudah menjual utang tersebut kepada pihak ketiga.

Penjelasan Utang Barcelona

Situasi yang terjadi dengan utang Barcelona atas pembelian Coutinho ini coba dijelaskan oleh dosen senior di University of Liverpool, Kieran Maguire.

“Hal ini cukup umum dilakukan dalam bisnis,” jelas pakar keuangan sepak bola”, ujar Maguire kepada Liverpool Echo.

“Barcelona secara teknis masih berutang uang kepada Liverpool, itulah mengapa muncul seperti itu di rekening, tetapi yang terjadi adalah uang itu dibayarkan dan Liverpool kemudian mengirimkannya ke pihak ketiga yang telah membeli utang itu,” jelasnya.

“Liverpool telah menerima semua uang yang terutang untuk Coutinho, tetapi Barcelona belum membayar semuanya.” tukasnya.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?