Mengapa Chelsea Lebih Baik Bertemu Real Madrid Ketimbang Liverpool? Ini Penjelasannya

robin -

Thomas Tuchel

IDNGoal.news – Setelah menyingkirkan FC Porto, lawan Chelsea di babak semifinal Liga Champions akhirnya ketahuan. Klub besutan Thomas Tuchel tersebut bakalan menghadapi wakil Spanyol, Real Madrid.

Keberhasilan Real Madrid mencapai semifinal telah diprediksi sejak jauh-jauh hari. Bagaimana tidak, mereka meraih kemenangan 3-1 ketika menghadapi Liverpool pada leg pertama yang digelar di Estadio Alfredo Di Stefano pekan lalu.

Los Merengues hanya membutuhkan hasil imbang pada leg kedua yang digelar di Anfield hari Kamis (15/4/2021) dinihari tadi. Tugas tersebut dilaksanakan dengan sempurna, di mana Real Madrid mampu menahan imbang the Reds 0-0.

Dengan begitu, jadilah Real Madrid bertemu Chelsea di babak semifinal. Laga leg pertama akan diselenggarakan pada tanggal 27 April mendatang dan kalau tidak ada halangan, pertandingan bakal digelar di Estadio Alfredo Di Stefano.

Penjelasan Rio Ferdinand

Di atas kertas, Real Madrid adalah pilihan terburuk untuk menjadi lawan Chelsea pada babak semifinal. Sebab performa klub asuhan Zinedine Zidane tersebut sedang membaik belakangan ini. Belum lagi dengan pertimbangan pengalaman mereka di Liga Champions.

Lantas, mengapa banyak orang beranggapan kalau Chelsea akan lebih baik kalau bertemu Madrid ketimbang Liverpool, yang tengah mengalami keterpurukan di tahun 2021? Eks Manchester United, Rio Ferdinand, memberikan penjelasannya.

“Kami [Man United] bermain melawan Chelsea dan tekanannya terasa berbeda – tekanannya meningkat, ditambah lagi anda akan bermain melawan orang yang dikenal,” buka Ferdinand kepada BT Sport.

“Ketika anda bermain melawan Barcelona dan tersingkir, anda takkan diingatkan soal itu. Saat kalah dari tim Inggris, ke manapun anda berjalan, wajah anda akan terpampang di TV. Saat melawan tim Eropa, rasanya seperti duel Eropa biasa,” lanjutnya.

Kata Joe Cole dan Tuchel

Joe Cole, yang dulunya pernah membela Chelsea dan Liverpool, punya pendapat serupa. Secara personal, ia mengaku tidak suka menghadapi tim yang sama-sama berasal dari Inggris di kompetisi Eropa seperti Liga Champions.

“Saya masih percaya kalau Real Madrid adalah opsi yang lebih baik di semifinal ketimbang Liverpool. Saya benci melawan tim Inggris,” ungkapnya.

Bahkan pelatih Chelsea, Thomas Tuchel, sekalipun juga mengakui kalau Real Madrid adalah opsi lawan yang lebih baik ketimbang Liverpool. Namun pria asal Jerman tersebut memiliki pandangan yang sedikit berbeda ketimbang Ferdinand dan Cole.

“Secara umum, saya lebih suka kalau tidak bertemu dengan tim dari liga yang sama di Liga Champions, sebab itu bisa memberikan rasa kompetisi Eropa yang lebih besar. Cuma itu saja,” kata Tuchel.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?