Mengapa Timnas Inggris Cuek Pada Performa Gemilang Emile Smith Rowe?

robin -

Gareth Southgate

IDNGoal.news – Tidak ada nama Emile Smith Rowe dalam daftar pemain yang dipanggil Gareth Southgate ke timnas Inggris. Padahal, pemain Arsenal itu berada dalam performa yang sangat bagus akhir-akhir ini.

Southgate memanggil 25 pemain untuk jeda internasional yang dimulai pekan depan. Nama-nama lawas seperti Harry Kane, Declan Rice, dan Mason Mount tetap dipanggil. Selama ini, mereka selalu jadi andalan.

Di sisi lain, Southgate meninggalkan sejumlah pemain. Jesse Lingard tidak masuk skuad. Performanya tidak cukup bagus bersama United. Jadon Sancho dan Mason Greenwood pun tidak masuk dalam daftar panggil.

Selain tiga pemain United itu, sang manajer juga tidak memanggil Smith Rowe. Lantas, apa alasan Soutghate tidak memanggil pemain berusia 21 tahun tersebut?

Faktor Kedalaman Skuad

Gareth Southgate merasa punya begitu banyak pilihan di lini tengah. Karena itu, dia belum melihat Smith Rowe sebagai opsi yang bisa dipilih. Selain itu, dia merasa Smith Rowe dibutuhkan untuk timnas Inggris U-21.

Smith Rowe menjadi pemain yang sangat vital bagi Arsenal musim ini. Smith Rowe telah mencetak tiga gol dan dua assist di Premier League. Performa sang pemain dinilai layak untuk dipanggil ke timnas.

“Emile Smith Rowe, Conor Gallagher dan Marc Guehi, khususnya, semuanya bermain sangat baik dengan klub mereka, tetapi kami memiliki kedalaman skuad,” ucap Gareth Southgate dikutip dari talkSPORT.

“Untuk membawa mereka, kami harus mengabaikan beberapa pemain lain dan saya pikir bukan hal yang buruk bahwa karena kami mulai mendapatkan tim U-21 yang sangat kuat karena Anda menginginkan kedalaman itu,” sambungnya.

Punya Banyak Pemain Muda

Southgate menepis alasan menepikan Smith Rowe karena faktor usai. Sebab, dia telah membuktikan bahwa selama ini ada banyak pemain muda yang jadi pilar timnas Inggris. Termasuk pada ajang Euro 2020 lalu.

“Kami mempercepat jalu bagi muda dengan sangat cepat dan mayoritas dari mereka masih berada di skuad ini sekarang dan banyak dari mereka memainkan peran besar di Euro,” katanya.

“Tetapi juga kami memiliki beberapa pemain yang telah muncul dan kemudian ketika Anda mengembalikannya dengan U-21, itu jauh lebih rumit sehingga kami ingin mendapatkan waktu yang tepat,” tegasnya.

Daftar Pemain Timnas Inggris

Kiper: Sam Johnstone, Jordan Pickford, Aaron Ramsdale.

Bek: Trent Alexander-Arnold, Ben Chilwell, Conor Coady, Reece James, Harry Maguire, Tyrone Mings, Luke Shaw, John Stones, Kyle Walker.

Gelandang: Jude Bellingham, Jordan Henderson, Mason Mount, Kalvin Phillips, Declan Rice, James Ward-Prowse.

Penyerang: Tammy Abraham, Phil Foden, Jack Grealish, Harry Kane, Marcus Rashford, Bukayo Saka, Raheem Sterling.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?