Mengenal Wout Weghorst, Pemain yang Hampir Buyarkan Mimpi Lionel Messi Juara Piala Dunia 2022

admin - Piala Dunia

Selebrasi Wout Weghorst dalam laga perempat final Piala Dunia 2022 Belanda vs Argentina, Sabtu (10/12/2022)

IDNGoal.news – Profil Wout Weghorst. Nama striker Belanda ini melambung di ajang Piala Dunia 2022, tepatnya ketika dia hampir membuyarkan mimpi Lionel Messi dan menghentikan langkah Argentina.

Bakal itu, babak perempat final, Belanda harus menghadapi Argentina yang disebut sebagai calon kuat juara. Tensi laga sudah sangat tinggi bahkan sejak sebelum bola ditendang.

Bermain di Lusail Iconic Stadium, Argentina tampil perkasa sejak awal. Mereka unggul 2-0 lewat gol Nahuel Molina (35′) dan penalti Lionel Messi (73′)

Melihat Belanda tertinggal dua gol, Louis van Gaal lantas memasukkan Weghorst sebagai pemain pengganti di menit ke-78. Ajaibnya, Weghorst mencetak dua gol di menit ke-83 dan di menit akhir (90+11′) untuk memaksa laga dilanjutkan ke extra time.

Sejak saat itu Wout Weghorst dikenal sebagai musuh bersama sepak bola yang hampir membuyarkan mimpi besar Lionel Messi dan Argentina. Lantas, siapa dia dan bermain di manakah dia?

Siapa itu Wout Weghorst?

Weghorst adalah striker berusia 30 tahun dan Piala Dunia 2022 kemarin adalah kesempatan pertamanya. Dia menjalani debut di laga fase grup, masuk sebagai pengganti di laga kontra Ekuador.

Striker Belanda ini sebenarnya sangat jarang bermain selama Piala Dunia 2022 berlangsung. Namun, ternyata dia hanya butuh 10 menit untuk mencetak gol pertamanya ke gawang Argentina.

Dua gol Weghorst ke gawang Argentina adalah gol pertamanya di Piala Dunia, juga datang dari dua tembakan tepat sasaran pertamanya.

Karier Weghorst di Timnas Belanda

Weghorst baru menjalani debut di Timnas Belanda pada tahun 2018 lalu, di bawah pelatih Ronald Koeman.

Sebelum dua gol ke gawang Argentina, dia hanya mencetak 3 gol dalam 18 penampilan untuk Belanda.

Tiga gol tersebut tercipta ke gawang Georgia, Ukraina, dan Wales. Dapat disimpulkan bahwa Weghorst bukanlah pilihan utama untuk lni serang Belanda.

Bermain di klub mana?

Di level klub, Weghorst saat ini tengah menjalani masa pinjam di Besiktas, klub Turki. Dia sudah mencetak enam gol di Liga Super Turki 2022/23.

Klub asal Weghorst adalah Burnley, salah satu tim papan tengah di Liga Inggris. Dia direkrut Burnley dari Wolfsburg pada bursa transfer Januari 2022.

Mundur jauh ke belakang, Weghorst memulai karier profesionalnya di Belanda, bermain untuk klub divisi dua, Emmen. Dia lantas membela Heracles Almelo dan AZ Alkmaar.

Apakah pernah bermain di Premier League?

Weghorst seharusnya lebih akrab untuk fans Liga Inggris. Dia menjalani debutnya di Premier League pada Februari 2022, di laga Burnley kontra Watford.

Sepanjang musim 2021/22, Weghorst memberikan kontribusi dua gol dan tiga assist dari 20 penampilan untuk Burnley.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?