Menolak Lupa: Manchester United Pernah Mau Dibeli Pangeran Salman

robin -

Skuad Manchester United

IDNGoal.news – Pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman, melalui Public Investment Fund (PIF) telah resmi mendapatkan Newcastle United. Perlu diingat bahwa sang pangeran pernah mencoba mengambil alih Manchester United dari Keluarga Glazer.

Proses perpindahan pemilik rampung pada Jumat (8/10/2021) pekan lalu. PIF mendapatkan 80 persen saham klub dengan menggelontorkan dana sebesar 300 juta pounds sekaligus mendepak pemilik sebelumnya, Mike Ashley.

Pangeran Salman sejatinya hendak membeli Newcastle United sejak tahun 2020 lalu. Namun, perpindahan kepemilikan itu tak mendapatkan restu dari kompetisi papan atas Inggris, Premier League.

Kendati demikian, pihak Pangeran Salman enggan menyerah. Mereka mundur untuk sementara sebelum akhirnya kembali melayangkan penawaran beberapa bulan lalu. Setelah proses panjang, akhirnya Newcastle resmi berada di bawah PIF.

Sudah Ada Obrolan

Newcastle United bukanlah satu-satunya tim yang memikat perhatian Pangeran Salman. Sebelumnya, Pangeran Salman sempat dikabarkan ingin mengambil alih Manchester United dari tangan Keluarga Glazer.

Seperti yang dilaporkan Mirror tahun lalu, Pangeran Salman dan Keluarga Glazer dikabarkan bertatap muka pada tahun 2019. Kedua pihak membicarakan soal potensi pemindahan kepemilikan Manchester United.

Nilai yang ditawarkan pihak Pangeran Salman pun tidak main-main, 3,5 juta pounds! Dengan nilai segitu, Keluarga Glazer bisa mengantongi keuntungan besar. Sebab mereka membeli Manchester United seharga 790 juta pounds saja.

Kendati demikian, Keluarga Glazer menolak. Periode kepemimpinan mereka berlanjut. Keluarga Glazer bahkan tidak bergeming ketika fans Manchester United menuntut mereka mundur karena European Super League.

Keluarga Glazer Dibenci Fans MU

Seperti yang diketahui, Manchester United dan beberapa klub papan atas Eropa sepakat menggelar European Super League. Kompetisi tersebut mengundang kontroversi karena dinilai mencederai semangat olahraga dalam dunia sepak bola.

Beberapa fans klub papan atas Inggris turun ke jalan. Fans Manchester United menggelar aksi protes dan bahkan tidak sungkan untuk menjebol Old Trafford dengan harapan suara mereka terdengar oleh para petinggi klub.

Kekesalan fans sebenarnya tidak hanya dikarenakan partisipasi Manchester United di European Super League. Mereka juga sudah dibuat kesal oleh kebijakan transfer klub yang merekrut pemain secara asal-asalan.

Pengunduran diri Ed Woodward menjadi dampak dari aksi protes tersebut. Selain itu, Manchester United jadi berani menggelontorkan dana besar demi mendapatkan Jadon Sancho, Raphael Varane, dan Cristiano Ronaldo pada bursa transfer musim panas kemarin.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?