Meski Sering Buat Blunder, David De Gea Disebut Masih Layak Jadi Kiper No 1 MU

robin -

David De Gea

IDNGoal.news – Sebuah pembelaan diberikan Raimond van der Gow kepada David De Gea. Ia menilai kiper Manchester United itu tetaplah kiper yang hebat meski ia beberapa kali membuat blunder.

Sosok De Gea adalah sosok andalan di skuat Manchester United. Kiper Timnas Spanyol itu menjadi pemain terbaik MU selama bertahun-tahun berkat penyelamatan-penyelamatan spektakulernya di bawah mistar gawang MU.

Namun sejak musim 2018/19, performa De Gea mulai menurun. Ia mulai sering mendapat kritikan karena ia beberapa kali membuat blunder fatal yang merugikan timnya.

Namun di mata van der Gouw, kesalahan yang dibuat De Gea itu masih dalam taraf normal. “De Gea adalah kiper yang fantastis, di mana ia sudah membuktikan bahwa ia adalah salah satu kiper terbaik di Inggris tidak hanya dalam setahun, tetapi selama bertahun-tahun lamanya,” beber van der Gouw kepada MUTV.

Kesalahan Lumrah

Van Der Gouw percaya bahwa kesalahan yang dibuat De Gea itu masih dalam tahap normal. Ia bahkan menyebut kiper legendaris MU, Peter Schmeichel juga beberapa kali membuat blunder dalam karirnya.

“Musim lalu ia membuat beberapa kesalahan dan saya rasa itu normal karena dia masih manusia. Jika saya menoleh ke belakang, ketika saya pertama kali melihat Peter Schmeichel, saya berpikri bahwa ia tidak akan pernah membuat kesalahan.”

“Namun jika anda ingat di musim kami memenangkan treble winners, dia menjalani musim yang buruk. Anda pasti bertanya-tanya mengapa hal seperti itu bisa terjadi.”

Kritikan Tidak Adil

Van der Gouw menilai bahwa kritikan-kritikan yang menimpa De Gea sebenarnya banyak yang tidak adil. Ia percaya kiper Timnas Spanyol itu masih menjadi salah satu kiper terbaik di Inggris saat ini.

“De Gea adalah pemain yang fantastis, dan seperti pemain-pemain top lainnya, ia bisa membuat kesalahan. Pemain-pemain fantastis selalu memberikan performa yang hebat, namun ketika mereka membuat kesalahan, orang-orang menyebut mereka sudah tidak bagus lagi.”

“Kritikan-kritikan seperti ini tidak masuk akal, karena mereka adalah manusia dan mereka tidak luput dari kesalahan. Sebagai seorang kiper anda harus stabil dan jika anda membuat kesalahan, maka anda harus memastikan anda berada di tempat yang tepat untuk menghentikan bola.” ujarnya.

Performa Membaik

Namun sejak tahun 2020 ini, performa David De Gea sudah mulai mengalami peningkatan.

Ia berhasil mengemas empat clean sheets di lima laga terakhirnya di ajang EPL.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?