Mikel Arteta, Profesor yang Satukan Arsenal Kembali

robin -

Mikel Arteta

IDNGoal.news – Sebuah sanjungan diberikan Shkodran Mustafi kepada Mikel Arteta. Ia menilai pelatih Arsenal itu sudah menjadi sosok pemersatu bagi The Gunners.

Arteta kembali ke Emirates Stadium sebagai pelatih Arsenal di akhir 2019 kemarin. Ia diangkat menjadi pengganti definitif Unai Emery setelah pelatih asal Spanyol itu dipecat.

Sejauh ini Emery menunjukkan bahwa ia memang sosok yang tepat bagi Arsenal. Meski permainan Arsenal belum 100% berubah, namun ada tanda-tanda positif dalam perkembangan tim asal London Utara itu.

Mustafi mengaku terkesan dengan apa yang telah dilakukan Arteta di Arsenal. “Dia [Arteta] sangat mirip dengan seorang profesor,” beber Mustafi kepada Sky Sports.

Arahan Bagus

Mustafi menyebut bahwa semenjak dilatih oleh Arteta, ia merasa ada perkembangan dalam karirnya. Ia menyebut sedikit demi sedikit permainannya semakin membaik berkat arahan Arteta.

“Dia [Arteta] tahu di mana posisi para pemainnya ketika membawa bola. Ia juga mengajarkan kepada kami bagaimana untuk bereaksi saat kehilangan bola, dan bagi saya itu spesial.”

“Ketika saya menguympan bola, saya biasanya fokus ke posisi di mana saya harus menempatkan diri saat bola itu direbut lawan. Namun Arteta ingin saya berkontribusi juga saat menyerang. jadi kami secara konstan harus membuka ruang bagi pemain kami yang membawa bola.”

Pengetahuan Luas

Mustafi juga merasa kagum dengan pengetahuan dan kecerdasan Arteta yang menurutnya begitu luar biasa.

Ia menyebut bahwa sang pelatih banyak mengajarkannya hal-hal yang baru sehingga ia bisa terus berkembang menjadi pemain yang lebih baik.

“Ketika anda sudah berusia 28 tahun seperti saya dan sudah bermain di beberapa negara dan dilatih beberapa pelatih top, anda merasa seperti sudah tahu segalanya. Namun sejak ia [Arteta] datang, saya mempelajari banyak hal yang belum saya ketahui semuanya.” ujarnya.

Performa Apik

Sebelum pandemi virus corona merajalela di Inggris, Arsenal di bawah kepemimpinan Emery menunjukkan performa yang cukup menjanjikan.

The Gunners tercatat hanya kalah satu kali dari sembilan laga terakhir mereka di semua kompetisi.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?