Miralem Pjanic dan Deretan Pemain yang Tinggalkan Barcelona Secara Gratis pada Musim Panas 2022

admin - Liga Spanyol

Miralem Pjanic bergabung dengan Sharjah FC

IDNGoal.news – Miralem Pjanic telah resmi meninggalkan Barcelona. Gelandang asal Bosnia-Herzegovina itu melanjutkan karier di Asia dan bergabung dengan klub Uni Emirat Arab, Sharjah FC.

Miralem Pjanic meninggalkan Barcelona secara gratis pada bursa transfer musim panas 2022. Dia memutus kontraknya lebih cepat meski masih terikat hingga akhir musim 2023/2024.

Namun, Miralem Pjanic bukan satu-satunya pemain yang meninggalkan Barcelona secara gratis. Ada beberapa nama yang juga pergi dari Camp Nou dengan status bebas transfer.

Beberapa di antaranya sengaja dilepas untuk meringankan beban finansial klub. Klub Catalan tersebut memang sudah jor-joran dalam mendatangkan pemain bintang.

Berikut deretan pemain yang berpisah secara gratis dengan Barcelona pada bursa transfer musim panas 2022.

Martin Braithwaite

Martin Braithwaite resmi meninggalkan Barcelona pada deadline day bulan September 2022. Penyerang asal Denmark itu menyepakati pembatalan kontrak dengan Blaugrana.

Sejatinya, Martin Braithwaite masih terikat kontrak hingga akhir musim 2023/2024 atau tersisa 2 tahun. Namun, mau tidak mau, dia harus dilepas untuk menyeimbangkan finansial klub.

Setelah resmi berpisah, Martin Braithwaite melanjutkan kariernya di Espanyol. Dia akan membela rival sekota Barcelona itu hingga 30 Juni 2025.

Neto

Penjaga gawang asal Brasil, Norberto Murara juga meninggalkan Barcelona pada bursa transfer musim panas 2022. Eks Valencia itu tidak mau hanya menjadi pemanas bangku cadangan.

Pemain yang akrab disapa Neto tersebut mengakhiri kontrak bersama Barcelona yang tersisa selama setahun. Dia memang masih terikat hingga akhir musim 2022/2023.

Neto kemudian hijrah ke Inggris dan bergabung dengan klub promosi Premier League, AFC Bournemouth. Dia juga sudah dimainkan 2 kali dan mencetak 1 clean sheet.

Riqui Puig

Riqui Puig dilepas secara gratis oleh Barcelona ke LA Galaxy. Namun, ada klausul pembelian kembali oleh Blaugrana dan berhak mendapat 50 persen penjualannya di masa mendatang.

Sama seperti pemain lain, Riqui Puig dilepas untuk mengurangi beban finansial klub. Mengingat klub yang bermarkas di Camp Nou itu jor-joran dalam belanja pemain di musim panas 2022.

Riqui Puig sudah tampil 4 kali di Major League Soccer (MLS) bersama LA Galaxy. Jebolan akademi Barcelona itu juga menyumbang 1 gol dan 1 assist.

Oscar Mingueza

Oscar Mingueza bergabung dengan Celta Vigo pada bursa transfer musim panas 2022. Dia bergabung dengan klub yang bermarkas di Stadion Balaidos tersebut dengan status free transfer.

Sama seperti Riqui Puig, ada opsi pembelian kembali oleh Barcelona meskipun Oscar Mingueza dilepas secara gratis. Barca juga berhak menerima 50 persen dari penjualannya.

Oscar Mingueza langsung diikat selama 4 musim oleh Celta Vigo. Kontraknya baru akan berakhir pada 30 Juni 2026 mendatang.

Dani Alves

Periode kedua Dani Alves bersama Barcelona berakhir pada musim panas 2022. Dia meninggalkan Barca untuk kedua kali setelah kontraknya kedaluwarsa akhir Juni kemarin.

Ya, manajemen Barcelona memang tidak menawarkan perpanjangan kontrak untuk bek asal Brasil itu setelah bergabung pada November 2021 lalu. Sehingga, dia berstatus free transfer.

Kini, Dani Alves melanjutkan kariernya di Liga Meksiko. Dia bergabung dengan UNAM Pumas hingga akhir Juli 2022.

Rey Manaj

Rey Manaj memilih bermain di divisi kedua Liga Inggris pada musim 2022/2023. Dia bergabung dengan Watford setelah dilepas secara gratis oleh Barcelona.

Penyerang asal Albania tersebut sebenarnya juga tak pernah mendapat kesempatan tampil di La Liga meski dipromosikan ke tim senior tahun lalu. Dia langsung dipinjamkan ke Spezia.

Meski dilepas secara gratis, Barcelona masih berhak menarima fee sebesar 50 persen dari penjualannya di masa mendatang. Ada juga klausul hak penolakan pertama.

Moussa Wague

Moussa Wague melengkapi daftar pemain yang dilepas secara gratis oleh Barcelona pada musim panas 2022. Bek asal Senegal tersebut bergabung dengan klub Kroasia, HNK Gorica.

Di dalam kesepakatan dengan HNK Gorica, Barcelona berhak menerima beberapa persen fee dari penjualan bek asal Afrika tersebut di masa mendatang.

Sejak dipromosikan ke tim senior pada 2019, Moussa Wague juga tidak punya banyak kesempatan bermain. Dia hanya tampil 6 kali bersama Barcelona.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?