Mulai Hilang Arah, Xavi Mungkin Dipecat Barcelona!

admin - Liga Spanyol

Pelatih Barcelona, Xavi

IDNGoal.news – Beberapa pekan terakhir berjalan sulit bagi Xavi dan Barcelona. Hasil-hasil buruk di lapangan membuat posisi Xavi sebagai pelatih terancam, tekanan semakin besar.

Teranyar, Minggu (16/10/2022), Barca bertekuk lutut di markas Real Madrid dalam duel lanjutan La liga 2022/23. Pasukan Xavi menyerah dengan skor 1-3 di hadapan publik Santiago Bernabeu.

Pertandingan itu kembali menunjukkan masalah Barcelona yang sama seperti beberapa laga terakhir. Mereka gagal memaksimalkan momentum di pertandingan dan harus membayar mahal dengan hasil buruk.

Nahasnya, hasil tersebut juga mempersulit posisi Xavi sebagai pelatih. Kini, keraguan terhadap Xavi semakin besar, pemecatan mungkin saja terjadi.

Barcelona terseok-seok

Barca memulai musim ini dengan kepercayaan diri tinggi. Xavi mendapatkan dukungan penuh untuk merekrut pemain, padahal Barca sedang mengalami masalah finansial serius.

Sayangnya, pembelian pemain-pemain baru itu tidak benar-benar membantu. Barca melangkah terseok-seok, menang susah payah di La Liga dan terbukti babak belur di Liga Champions.

Situasi Barca memburuk dalam beberapa pekan terakhir. Mereka dikalahkan Inter Milan di San Siro, sejak saat itu kepercayaan diri para pemain seperti merosot drastis.

Selanjutnya, di Camp Nou Barca hanya bisa main imbang 3-3 dengan Inter, bahkan hampir kalah. Lalu, teranyar mereka dibekuk sang rival Real Madrid di La Liga.

Xavi bisa dipecat

Laju buruk Barca memang masih bisa diperbaiki. Lagi pula, Barca masih ada di peringkat dua La Liga, persaingan masih terbuka lebar.

Biar begitu, Xavi jelas harus mulai waspada. Pekan depan Barca mungkin bakal memastikan langkah turun ke Liga Europa. Artinya, dua musim beruntung mereka gagal di Liga Champions.

Xavi juga harus mulai menunjukkan perubahan, baik dalam pemilihan pemain maupun dalam penerapan taktik di lapangan. Sejauh ini, Xavi sering dikritik karena dianggap terlalu memanjakan pemain-pemain berdarah Spanyol.

Nasib Xavi mungkin ditentukan setelah Piala Dunia nanti. Barca tidak mungkin buru-buru memecat pelatih. Artinya, Xavi punya kesempatan untuk meningkatkan performa tim sebelum situasi tidak lagi terselamatkan.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?