Mutiara dari Timur yang Jadi Andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia: Selalu Beri Kontribusi Luar Biasa

admin - Tim Nasional

Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023

IDNGoal.news – Wilayah Nusantara bagian timur tak henti-hentinya menyumbang talenta terbaik untuk menjadi andalan di Timnas Indonesia, termasuk di era Shin Tae-yong.

Dari masa ke masa, Indonesia Timur selalu memunculkan pemain bintang untuk Skuad Garuda. Mulai dari era Aples Tecuari, Eduard Ivakdalam, Boaz Solossa, hingga Elie Aiboy.

Lebih jauh lagi ada pemain lain yang tak kalah legendaris. Seperti Rochi Putiray, atau Ronny Pattinasarani dan masih banyak lagi pemain lain.

Saat ini para pemain dari Indonesia Timur pun masih terus berkembang. Bahkan, beberapa jadi mereka terus menjadi andalan di Timnas Indonesia era Shin Tae-yong.

Asnawi Mangkualam

Asnawi adalah salah satu pemain paling penting di Timnas Indonesia era Shin Tae-yong. Sosoknya selalu dibutuhkan, tak hanya di Timnas senior tapi juga di Timnas Indonesia U-23.

Salah satu penampilan terbaik Asnawi Mangkualam di Timnas Indonesia era Shin Tae-yong sejauh ini terjadi di Piala AFF 2020 lalu. Di usia 22 tahun, ia mampu berperan dengan baik sebagai wakil kapten.

Pemain asal Sulawesi Selatan itu pun terus menunjukkan perkembangan yang bagus. Apalagi ia kini berkarier di Korea Selatan dengan memperkuat Ansan Greeners.

Witan Sulaeman

Pemain asal Palu, Sulawesi Tengah ini jadi salah satu pemain paling berkembang di era Shin Tae-yong. Witan yang masih berusia 20 tahun ini semakin punya peran penting di skuad Garuda.

Witan kini paling tidak bisa bermain di tiga posisi yang berbeda. Yakni winger kanan, winger kiri, dan gelandang serang.

Penampilan apik Witan tak hanya terjadi di Timnas Indonesia saja. Di level klub, ia pun tampil cukup baik.

Witan mampu mencetak empat gol dan satu assist dari 12 laga bersama klub Slovaia, FK Senica di paruh kedua musim 2021/2022 lalu.

Ricky Kambuaya

Ricky Kambuaya memiliki karier yang menarik. Pada tahun 2018, pemain kelahiran Sorong, Papua Barat ini masih berlaga di Liga 2 bersama Mojokerto Putera.

Namun, kini Ricky jadi salah satu pemain paling penting di lini tengah Garuda. Ricky memang tak punya kecepatan.

Meski demikian, ia mampu melakukan akselerasi dengan baik. Kemampuannya dalam melewati lawan juga lumayan bagus.

Sejauh ini Ricky Kambuaya sudah bermain 17 kali bersama Timnas Indonesia senior. Ia juga sudah mencetak lima gol sejauh ini.

Irfan Jaya

Winger berusia 26 tahun ini sebenarnya sudah jadi langganan Timnas Indonesia sejak tahun 2018 lalu. Saat itu Luis Milla Aspas masih menjadi pelatih skuad Garuda.

Sejauh ini, pemain kelahiran Bantaeng, Sulawesi Selatan itu sudah mengumpulkan 22 caps. Ia juga sudah mencetak enam gol untuk Timnas Indonesia.

Namun, penampilan Irfan Jaya belakangan ini agak sedikit menurun. Mungkin saja kesempatan bermain di Bali United yang terbatas agak mempengaruhi rasa percaya diri Irfan Jaya.

Saddil Ramdani

Saddil memiliki peran krusial di Kualifikasi Piala Asia 2023. Pentingnya peran pemain kelahiran Raha, Sulawesi Tenggara itu bisa dilihat dari jumlah laga yang ia jalani.

Dari tiga laga yang dijalani Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023, Saddil bahkan selalu menjadi starter di laga melawan Kuwait, Yordania, dan Nepal.

Saddil pun turut berandil mencetak satu gol dalam kemenangan 7-0 atas Nepal di laga terakhir yang menentukan kelolosan Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?