Newcastle: Punya Banyak Uang, Ditolak Banyak Pelatih, dan ‘Hanya’ Dapat Eddie Howe

robin -

Antonio Conte

IDNGoal.news – Newcastle baru saja menjadi klub kaya di Premier League. Namun, pundi uang berlimpah tidak membuat mereka bisa bergerak dengan mudah. Banyak pelatih top memilih untuk menolak tawaran Newcastle.

Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammad Bin Salman, beberapa waktu lalu resmi jadi pemilik baru Newcastle. Lewat Publik Invesment Fund (PIF), dia mengakuisisi saham mayoritas Newcastle dari tangan Mike Ashley.

Langkah pertama yang diambil pemilik baru Newcastle adalah memecat Steve Bruce dari kursi pelatih. Bruce sejatinya sudah tidak disukai fans Newcastle karena rangkaian hasil buruk yang didapat klub musim lalu.

Ditolak Banyak Pelatih Top

Newcastle punya sokongan dana besar usai proses akuisisi dilakukan. The Magpies diyakini akan sangat aktif dalam beberapa bursa transfer ke depan. Tapi, sebelum memikirkan pemain, mereka harus lebih dulu mencari pelatih baru.

Setelah Steve Bruce didepak, Newcastle dikaitkan dengan banyak nama pelatih top. Tapi, tidak sedikit yang kemudian menolak. Antonio Conte adalah salah satu contohnya. Conte kemudian memilih bergabung dengan Tottenham.

Setelah itu, ada Zinedine Zidane yang juga tidak tertarik dengan pinangan Newcastle. Zidane lebih memilih untuk tetap menganggur sembari menunggu waktu yang tepat untuk mendapat pekerjaan impiannya, melatih timnas Prancis.

Terbaru, Unai Emery juga menolak tawaran untuk melatih Newcastle. Emery tidak melihat ada proyek atau visi yang jelas dari klub. Dia memilih untuk bertahan di Villarreal walau tawaran dari Newcastle sangat menggiurkan dari sisi finansial.

‘Hanya’ Eddie Howe

Setelah mendapat banyak penolakan, pihak Newcastle tampaknya mencari opsi yang realistis. Bukan nama besar yang dibidik. Bukan pelatih yang pernah meraih gelar juara yang diincar, tapi ‘hanya’ seorang Eddie Howe.

Eddie Howe pernah disebut-sebut sebagai salah satu manajer paling berbakat di Inggris saat moncer bersama Bournemouth. Dia menjadi manajer selama delapan tahun dan membawa klub bersaing di Premier League.

Tapi, Bournemouth kemudian degradasi dan karier Howe segera meredup. Sejak Agustus 2020, pria 43 tahun tidak melatih klub mana pun. Dikutip dari talkSPORT, Newcastle menawarkan kontrak berdurasi dua setengah tahun pada Eddie Howe.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?