Paraguay Si Kuda Hitam di Piala Dunia 2010: Imbangi Italia, Buat Spanyol Kewalahan di Perempat Final

admin - Piala Dunia

Uruguay vs Paraguay di Kualifikasi Piala Dunia 2022

IDNGoal.news – Piala Dunia 2010 menjadi ajang pembuktian kualitas sepak bola Timnas Paraguay. Berstatus sebagai tim kuda hitam, Paraguay bermain apik dan menyulitkan tim-tim besar di Afrika Selatan.

Tim asuhan Gerardo Martino tersebut mampu bersaing dengan tim-tim yang levelnya berada di atas mereka. Paraguay bahkan beberapa kali bisa mengimbangi tim-tim unggulan juara Piala Dunia 2010.

Paraguay sendiri tergabung dalam Grup F Piala Dunia 2010. Mereka bersaing dengan Italia, Slovakia, dan Selandia Baru.

Di atas kertas tentu saja Italia unggul dari tiga tim lainnya. Namun Paraguay membuktikan sepak bola tidak hanya berputar di atas kertas.

Paraguay Imbangi Italia

Paraguay menjalani laga perdana dengan tantangan berat. Mereka harus mengawali perjalanan Piala Dunia 2010 dengan melawan juara bertahan Italia.

Namun, Gerardo Martino berhasil meyakinkan pemainnya untuk tampil percaya diri menghadapi Italia. Hasilnya, Paraguay dapat mengimbangi permainan juara empat kali Piala Dunia tersebut.

Paraguay bahkan bisa membobol pertahanan ketat Italia di menit 39 lewat sundulan Antolin Alcaraz. Namun penampilan apik Paraguay hanya menghasilkan satu poin setelah Daniele De Rossi mencetak gol penyama kedudukan pada menit 63.

Juara Grup dan Singkirkan Italia

Hasil imbang melawan Paraguay tentu saja bukan hasil yang bagus untuk Italia. Terlebih lagi skuat asuhan Marcello Lippi tersebut berstatus sebagai juara bertahan.

Namun hasil imbang melawan Paraguay nyatanya berimbas pada dua laga setelahnya. Italia kembali menelan hasil imbang di laga kedua dan bahkan kalah di laga ketiga melawan Slovakia.

Sementara Paraguay berhasil keluar dengan status juara Grup F dengan koleksi lima poin. Paraguay bahkan tak menelan satupun kekalahan di Fase Grup F.

Setelah bermain Imbang melawan Italia, Paraguay berhasil menang melawan Slovakia dan imbang melawan Selandia baru. Slovakia yang menang di laga akhir resmi menemani Paraguay sebagai runner up sekaligus menyingkirkan juara bertahan Italia di dasar klasemen.

Menang Lawan Jepang, Persulit Spanyol

Kegemilangan Paraguay tak hanya berhenti di Fase Grup saja. Mereka bahkan berhasil melaju hingga babak Perempat Final.

Paraguay yang lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup F bertemu dengan runner up Grup E Jepang. Paraguay berhasil mengalahkan Jepang dalam drama adu penalti setelah 120 menit bermain tanpa gol.

Lolos ke Perempat Final, Paraguay akan menantang Spanyol yang tampil dengan skuat emasnya Piala Dunia 2010. Meskipun kalah secara materi pemain, Paraguay sanggup membuat Spanyol kewalahan.

Tim asuhan Vicente Del Bosque itu bahkan harus menunggu hingga menit 81 untuk mencetak gol. David Villa keluar sebagai pahlawan Spanyol dengan gol tunggalnya sekaligus menjadi sosok penghancur mimpi Paraguay di Piala Dunia 2010.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?