Parah! VAR tak Bisa Cek Kemungkinan Offside Saka di Laga Arsenal vs Liverpool Karena Kesalahan Teknis

admin - Liga Inggris

Video Assistant Referee

IDNGoal.news – Adanya kemungkinan offside dari Bukayo Saka pada momen terciptanya gol pembuka Arsenal ke gawang Liverpool tak bisa dicek melalui VAR karena adanya kesalahan teknis.

Di laga yang digelar di Emirates Stadium Stadium pada hari Minggu (09/10/2022) itu, Arsenal unggul cepat melalui gol Gabriel Martinelli. Sempat ada pengecekan apakah gol tersebut sah.

Pasalnya ada Bukayo Saka yang kemungkinan berada dalam posisi offside sebelum terjadinya gol tersebut. Ia yang membawa bola tersebut ke depan.

Bola itu sendiri sebelumnya diumpankan oleh Ben White. Sebelum diberi umpan itulah, ia dicurigai berada dalam posisi offside.

Kesalahan Teknis

Saat itu asisten wasit tak mengangkat bendera tanda offside. Namun gol itu kemudian coba dicek ulang via VAR.

Akan tetapi putusan akhir tidak dapat dicapai. Pasalnya Bukayo Saka tidak terlihat di salah satu dari lima kamera yang digunakan saat keputusan dirujuk ke Stockley Park untuk penilaian lebih lanjut.

Hal ini disampaikan dalam laporan Liverpool Echo. Laporan itu menyebut bahwa sebagai imbas tak terlihatnya Saka dalam kamera-kamera itu, wasit VAR tak bisa membuat garis virtual yang digunakan untuk menentukan apakah ia dalam posisi offside atau tidak.

Pada akhirnya wasit yang bertugas di lapangan yakni Michael Oliver pun akhirnya tak punya pilihan lain. Ia harus mengesahkan gol Gabriel Martinelli.

Klaim Richard Keys

Laporan ini sendiri didukung oleh komentar seorang pandit bernama Richard Keys. Dalam blog miiknya, ia mengatakan wasit tak punya pilihan lain selain menduga-duga soal posisi Bukayo Saka dan Trent Alexander-Arnold yang menjadi orang terakhir di pertahanan Liverpool.

“Saya telah berargumen bahwa ketika mengambil keputusan – penyerang harus selalu mendapatkan keuntungan jadi saya akan senang jika PGMOL mengubah keputusannya. Kecuali mereka tidak melakukannya,” tulisnya.

“Mereka melewatkannya. Bagaimana saya tahu? Karena kami menanyakan pusat pertandingan untuk bukti bahwa Saka dalam posisi aktif. Kami ingin melihat garis yang mereka gunakan untuk membuat keputusan. Mereka cuma menebak saja,” kata Keys.

Serupa Dengan Kejadian di Juventus

Insiden ini sebelumnya terjadi belum lama ini. Tepatnya di pentas Serie A bulan September lalu, kala Juventus bersua dengan Salernitana.

Saat itu gol Leonardo Bonucci tak disahkan. Pasalnya ia dianggap berada dalam posisi offside.

Namun kemudian muncul gambar bahwa Antonio Candreva berada dalam posisi yang membuat Bonucci dalam posisi onside. Namun saat itu ia tak tertangkap kamera VAR.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?