Pele, Legenda Sepak Bola yang Pernah Jadi Menpora Brasil dan Bikin Undang Undang Anti Korupsi

admin - Piala Dunia

Legenda sepak bola dunia, Pele

IDNGoal.news – Pele meninggal dunia pada usia 82 tahun. Legenda sepak bola asal Brasil tersebut meninggal pada Jumat (30/12/2022) dini hari WIB, setelah berjuang melawan sakit kanker.

Pele mendapat pengakuan secara luas sebagai salah satu pemain terbaik dunia. Pele adalah satu-satunya pemain yang meraih tiga gelar juara Piala Dunia. Pele membawa Brasil juara Piala Dunia pada edisi 1958, 1962, 1970.

“Saya kira, sebelum Pele sepak bola hanyalah olahraga. Pele telah mengubah segalanya. Dia mengubah sepak bola menjadi sebuah karya seni, menjadi sebuah hiburan,” tulis Neymar.

Pele adalah bintang besar di sepak bola dunia, salah satu yang terbaik. Namun, Pele bukan hanya seorang pemain sepak bola. Pele juga pernah menjadi Menteri Olahraga di Brasil.

Pele Sebagai Menpora Brasil

Kisah Pele sebagai pemain sepak bola ibarat mitos. Ada banyak prestasi yang pernah diraih Pele, pada level klub, tim nasional, maupun sebagai individu. Pele adalah salah satu pemain terbaik dunia sepanjang masa.

Di luar sepak bola, Pele punya karier yang cukup unik. Sebab, Pele pernah diangkat sebagai Menteri Olahraga (Menpora kalau di Indonesia) pada 1995 hingga 2002. Pele ditunjuk langsung oleh Presiden Brasil ketika itu, Fernando Henrique Cardoso.

Selama menjabat sebagai Menpora, Pele membuat beberapa program penting. Salah satu yang cukup sohor adalah upaya untuk memberantas korupsi di sepak bola Brasil. Pele mengusulkan mengusulkan undang undang anti korupsi di sepak bola Brasil, yang dikenal dengan ‘Pele Law’.

Pele sempat terlibat perseteruan dengan CBF (PSSI-nya Brasil) ketika menjabat sebagai Menpora. Bukan hanya itu, hubungan Pele dengan FIFA pada era kepemimpinan Joao Havelange juga memburuk.

Love, love and love, forever

Pesan kepergian mendiang Pele pertama kali disampaikan melalui akun Twitter resminya @Pele. Disebutkan bahwa sang putri ikut mengelola akun media sosial tersebut dan memilih menyampaikan kepergian Pele melalui saluran tersebut.

“Inspirasi dan cinta menandai perjalanan King Pele, yang telah meninggal dunia dalam damai hari ini. Love, love and love, forever.”

Pele, terlahir dengan nama asli Edson Arantes do Nascimento, adalah bocah ajaib dari Sao Paulo yang hingga kini masih memegang rekor tiga trofi Piala Dunia bersama Brasil (1958, 1962, 1970).

Pele pergi dengan status top scorer bersama sepanjang masa Brasil dengan catatan 77 gol dalam 92 pertandingan. Dia adalah legenda sepak bola dunia, bukan hanya legenda Brasil.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?