Penantian 29 Tahun Maurizio Sarri untuk Raih Gelar Juara Pertamanya

robin - Liga Europa

Chelsea

IDNGoal.news – Penantian Maurizio Sarri untuk meraih gelar juara berakhir pada Kamis (30/5) dini hari WIB di Stadion Olimpia Baku. Chelsea, klub yang dilatihnya, mampu mengalahkan Arsenal dengan skor 4-1 pada final Liga Europa musim 2018/19.

Juara Liga Europa menjadi trofi mayor pertama dalam karir kepelatihan Maurizio Sarri. Dia membutuhkan penantian selama 29 tahun sebelum merengkuh gelar pertama ini. Ya, 29 tahun!

Maurizio Sarri bukan pemain sepak bola yang cemerlang. Dia hanya pemain di level amatir. Sebelum akhirnya menjadi pelatih, dia juga sempat berkarir di perusahaan bank. Karir kepelatihannya dimulai secara merangkak pada tahun 1990, saat melatih Stia.

Perjalanan karir melatih Maurizio Sarri dimulai dari level paling rendah dan terus bergonta-ganti klub. Hingga dia kemudian melatih Pescara yang bermain di Serie B pada tahun 2016. Nama Sarri mulai dikenal, meski di level bawah.

Maurizio Sarri baru diperhitungkan setelah melatih Empoli pada tahun 2012. Dia mampu membawa Empoli promosi ke Serie A. Satu hal menonjol kala itu, gaya bermain Empoli selalu menyerang. Siapa pun lawan yang dihadapi.

Karakter permainan itu membuat Napoli melirik jasa Maurizio Sarri. Sejak tahun 2015, dia melatih Napoli, untuk menggantikan Rafael Benitez. Mulai dari sini, karir Maurizio Sarri sebagai salah satu manajer top di Italia dimulai.

Penantian Panjang Sarri

Maurizio Sarri mampu membawa Napoli menjadi klub papan atas Italia. Klub asal Kota Naples itu secara konsisten menghuni papan atas klasemen, dan beberapa kesempatan merepotkan Juventus yang menjadi penguasa di pentas Serie A.

Sayangnya, kiprah Sarri di Napoli, yang berakhir pada Mei 2018, tidak berakhir dengan raihan gelar juara. Jika ada gelar ‘juara’ yang diraih, itu adalah gelar Campioni d’Inverno atau gelar juara paruh musim pada 2015/16 yang lalu.

Sarri kemudian pindah ke Chelsea pada awal musim 2018/19, dia menggantikan manajer Antonio Conte, yang juga berasal dari Italia.

Kesempatan pertama Sarri meraih gelar juara datang saat Chelsea melaju ke final Carabao Cup pada Februari 2019 lalu. Hanya saja, The Blues kemudian kalah lewat babak adu penalti dari Manchester City pada laga final.

Dan, akhirnya, setelah menanti selama 29 tahun, Maurizio Sarri mengakhir dahaga raihan gelar juara. Pria berusia 61 tahun membawa Chelsea menjadi juara Liga Europa dengan mengalahkan Arsenal dengan skor 4-1 pada laga final.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?