Perbandingan Prestasi PSG dan Manchester City yang Belum Pernah Juara Liga Champions

robin -

Lionel Messi

IDNGoal.news – PSG dan Manchester City adalah klub yang masih penasaran dengan gelar juara Liga Champions. Sebab sejak didirikan, keduanya belum pernah sekalipun mengangkat trofi Si Kuping Lebar.

Padahal dalam dua musim terakhir, PSG dan Manchester City giliran menjadi finalis. Tapi tetap saja mereka buntung, kalah di partai final.

Pada final Liga Champions 2019/2020, PSG kalah 0-1 dari Bayern Munchen. Kemudian Manchester City takluk 0-1 dari Chelsea di final Liga Champions 2020/2021.

Di Liga Champions musim ini, PSG dan Manchester City berada dalam grup yang sama. Keduanya akan bentrok pada matchday kedua Grup A yang berlangsung di Stadion Parc des Princes, Rabu (29/9) dini hari WIB.

Jadi, menarik untuk diketahui seberapa banyak prestasi yang telah diraih PSG dan Manchester City, terlepas dari belum pernah menjadi juara Liga Champions. Berikut paparan datanya yang dikumpulkan Bola.net dari berbagai sumber.

Kompetisi Domestik

PSG adalah raja kompetisi domestik di Prancis dalam beberapa musim terakhir. Mari hitung jumlah gelar juara mereka, mulai Ligue 1 sembilan kali, Coupe de France (14), Coupe de la Ligue (9), Trophee des Champions ( 10). Masih ada lagi satu gelar juara di Ligue 2 pada 1970/1971.

Sementara Manchester City sejak dibeli konglomerat Arab langsung jadi tim kuat di Inggris. Sebelum itu, The Citizens hanya klub kelas dua, kalah pamor pula dari Manchester United.

Adapun, gelar domestik Manchester City adalah Premier League tujuh kali, Piala FA (6), Piala Liga (8), dan Community Shield (6). The Citizens juga punya koleksi gelar juara Divisi Championship (7) serta League One (1).

Sama-sama Pernah Juara Piala Winners

PSG dan Manchester City punya kesamaan. Keduanya sama-sama pernah menjuarai Piala Winners, atau kompetisi kasta kedua Eropa yang sudah dihapus UEFA karena dilebur dengan Piala UEFA menjadi Liga Europa.

PSG menjadi juara Piala Winners pada 1995/1996. Dalam laga final yang berlangsung di Brussels, 8 Mei 1996, Les Parisiens mengalahkan Rapid Wien 1-0, lewat gol Bruno Ngotty (29′).

Sementara Manchester City jadi kampiun Piala Winners pada musim 1969/1970 usai menaklukan Gornik Zabrzea 2-1 di Prater Stadium, Wina. Dua gol The Citizens dicetak oleh Neil James Young (12′), dan Francis Henry Lee (43′ pen).

Runner-up Liga Champions

Seperti disebutkan tadi, PSG dan Manchester City belum pernah merasakan gelar juara Liga Champions. Prestasi terbaik mereka di altar tertinggi kompetisi Eropa.baru sampai finalis dan runner-up.

PSG dalam final 2019/2020 melawan Bayern Munchen kalah 0-1. Gol yang membuat Les Parisiens.gigit jari dicetak Kingsley Coman pada menit ke-59.

Kemudian Manchester City pada final 2020/2021, harus menerima kenyataan kalah beruntung dari Chelsea. Di akhir laga, papan skor menunjukkan kekalahan 0-1, dengan gol The Blues dicetak Kai Havertz pada menit ke-42.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?