Perjalanan Timnas Indonesia Merebut Tiket Piala Asia 2023 dari Babak Play-off hingga Kualifikasi

admin - Tim Nasional

Skuat Timnas Indonesia merayakan gol Elkan Baggott ke gawang Nepal di laga ketiga Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City, Rabu (15/06/2022) dini hari WIB.

IDNGoal.news – Timnas Indonesia berhasil meraih tiket ke Piala Asia 2023. Skuad Garuda lolos dengan status runner-up terbaik setelah mengantongi 6 poin dari 2 kemenangan di grup A putaran ketiga babak kualifikasi.

Timnas Indonesia bahkan menjadi runner-up terbaik kedua setelah Kirgistan yang mengumpulkan 7 poin. Anak asuh Shin Tae-yong unggul dengan surplus 7 gol setelah berpesta ke gawang Nepal.

Kesuksesan Timnas Indonesia untuk kembali mentas di Piala Asia 2023 melalui proses yang tak mudah. Sebelum tampil di babak kualifikasi, Skuad Garuda lebih dahulu berjuang melalui play-off.

Berikut perjalanan Timnas Indonesia merebut tiket Piala Asia 2023 yang berhasil dirangkum.

Babak Play-off

Di babak play-off, Timnas Indonesia menghadapi Taiwan. Pertandingan berlangsung dalam dua putaran yang dihelat di Stadion Buriram, Thailand, pada tanggal 7 dan 11 Oktober 2021.

Untungnya, fase tersebut berhasil dilewati dengan mulus. Timnas Indonesia berhasil menyapu bersih kemenangan dalam dua pertandingan hingga unggul agregat 1-5.

Pada leg pertama, Timnas Indonesia menang 2-1 lewat gol Ramai Rumakiek dan Evan Dimas. Di leg kedua, Skuad Garuda menang 0-3 melalui Egy Maulana Vikri, Ricky Kambuaya, dan Witan Sulaeman.

Babak Kualifikasi

Di babak kualifikasi, Timnas Indonesia mendapat lawan berat. Skuad Garuda harus menghadapi Kuwait, Yordania, dan Nepal yang sama-sama menghuni grup A.

Lawan pertama Timnas Indonesia adalah Kuwait yang berstatus tuan rumah. Beruntung, Skuad Garuda keluar sebagai pemenang dengan skor 2-1 di Jaber Al-Ahmad International Stadium.

Kekalahan tipis 0-1 dialami Timnas Indonesia ketika berhadapan dengan Yordania. Alhasil, peluang untuk lolos sangat ditentukan pada laga terakhir kontra Nepal.

Untungnya, di laga pemungkas, Timnas Indonesia berpesta ke gawang Nepal. Tak tanggung-tanggung, Skuad Garuda menang dengan skor telak 7-0.

Runner-up Terbaik

Hanya finis di posisi kedua klasemen akhir grup A, peluang Timnas Indonesia ditentukan lewat runner-up terbaik. Skuad Garuda akhirnya menjadi salah satu dari 5 tim yang lolos melalui jalur tersebut.

Dalam klasemen runner-up terbaik, Timnas Indonesia bahkan menempati posisi kedua setelah Kirgistan. Anak asuh Shin Tae-yong hanya kalah satu poin dari tim dari Asia Tengah tersebut.

Mencetak 9 gol dan hanya 2 kali kebobolan di grup A, Timnas Indonesia surplus 7 gol. Jumlah tersebut jauh lebih besar dari Malaysia, Thailand, dan Hongkong yang berada di bawahnya.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?