Piala Dunia 2018: Data dan Fakta Brasil vs Belgia

reza -

Brasil.

IDNGoal.news – Timnas Brasil akan menghadapi Timnas Belgia di babak delapan besar Piala Dunia 2018, Sabtu (7/7) dini hari WIB. Sebelum laga tersebut berlangsung, terdapat sejumlah fakta menarik yang patut untuk disimak.

Tim Samba sukses melenggang ke babak delapan besar Piala Dunia 2018 setelah menyingkirkan Meksiko dengan skor 2-0, dalam laga yang dihelat di Samara Arena, 2 Juli lalu.

Sementara itu, timnas Belgia dipaksa bekerja keras untuk bisa melewati hadangan Jepang pada pertandingan 16 besar di Rostov Arena. Sempat tertinggal dua gol, Belgia akhirnya mampu bangkit dan mengunci kemenangan dengan skor 3-2.

Kini, kedua tim bakal saling adu kekuatan untuk mengamankan tiket lolos ke semifinal. Laga ini pun layak mendapatkan label perang bintang.

Sebab, timnas Brasil diperkuat nama-nama pesepak bola top dunia, beberapa di antaranya adalah Neymar, Philippe Coutinho, Paulinho, dan Willian.

Sementara itu, Belgia mengandalkan Eden Hazard, Romelu Lukaku, Dries Mertens, dan Kevin De Bruyne. Andai meraih kemenangan, timnas Belgia tak hanya lolos ke semifinal, namun juga untuk pertama kalinya membungkam Brasil, setelah dalam tiga laga terakhir selalu menelan kekalahan.

Data dan Fakta

5 – Ini akan menjadi pertemuan kelima kedua tim di semua ajang. Laga perdana Brasil versus Belgia terjadi pada 1963 di Brussels dalam partai persahabatan.

1 – Dari empat pertemuan sebelumnya, Belgia hanya meraih satu kemenangan, yakni dengan skor 5-1 pada 1963. Sementara itu, tiga laga sisanya dimenangkan oleh Brasil.

16 – Kedua tim hanya sekali bersua di Piala Dunia pada 2002. Dalam laga 16 besar itu, Brasil menang 2-0 atas Belgia. Sepasang gol Tim Samba disarangkan Rivaldo dan Ronaldo.

Fakta Timnas Brasil

7 – Ini adalah untuk ketujuh kalinya secara beruntun timnas Brasil lolos ke perempat final Piala Dunia. Dari enam kesempatan sebelumnya, mereka hanya dua kali gagal lolos ke semifinal, yakni pada 2006 (kalah dari Prancis) dan 2010 (kalah dari Belanda).

6 – Enam kekalahan terakhir timnas Brasil di Piala Dunia didapat ketika bersua tim dari Eropa.

2002 – Terakhir kali timnas Brasil meraih kemenangan atas tim Eropa terjadi pada final Piala Dunia 2002 kontra Jerman.

15 – Timnas Brasil tidak terkalahkan dalam 15 laga terakhir di semua ajang kompetisi, dengan rincian 11 kemenangan dan empat hasil imbang. Mereka juga hanya kebobolan tiga gol.

20 – Timnas Brasil juga sukses memetik 20 kemenangan dan empat hasil imbang dari 25 laga terakhir di bawah asuhan Tite. Dari 25 pertandingan itu, Selecao juga mencatatkan 19 clean sheet.

20 – Neymar selalu terlibat dalam 20 gol dari 19 pertandingan terakhirnya bersama timnas Brasil. Dari 19 laga itu, Neymar mencatatkan 11 gol dan sembilan assist.

Fakta Timnas Belgia

2 – Timnas Belgia telah dua kali disingkirkan tim dari Amerika Selatan pada fase knock-out Piala Dunia, yakni kontra Brasil pada 2002 dan melawan Argentina pada 2014.

2 – Andai mampu mengalahkan Brasil, timnas Belgia untuk kedua kalinya lolos ke semifinal Piala Dunia. Sebelumnya, mereka pernah melakukan hal serupa pada 1986.

12 – Timnas Belgia telah mendulang 12 gol di Piala Dunia 2018. Jumlah tersebut menjadi torehan terbanyak Belgia di Piala Dunia, setelah terakhir kali terjadi pada 1986 juga dengan 12 gol.

23 – Belgia tidak terkalahkan dalam 23 pertandingan terakhir di seluruh ajang kompetisi (18 kemenangan; 5 imbang). Itu adalah catatan tak terkalahkan terlama dibandingkan tim lain yang lolos ke perempat final Piala Dunia 2018.

5 – Kemenangan atas Brasil akan membuat Belgia meraih lima kemenangan beruntun yang pertama di Piala Dunia.

12 – Timnas Belgia merupakan satu-satunya tim ada fase knock-out Piala Dunia 2018 yang tak pernah membuat clean sheet dalam 12 laga. Mereka telah kebobolan 28 gol dari 12 pertandingan tersebut.

19 – Eden Hazard terlibat langsung dalam 19 gol dari 18 pertandingan bersama timnas Belgia di bawah arahan Roberto Martinez. Dari 18 laga itu, Hazard mampu mendulang 10 gol dan sembilan assist.

4 – Romelu Lukaku telah mencetak empat gol dari lima tembakan tepat sasaran di Piala Dunia 2018.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?