Piala Dunia 2018: Gol Menit Akhir Yerry Mina Nyaris Buyarkan Mimpi Timnas Inggris

admin - Piala Dunia

Yerry Mina

IDNGoal.news – Timnas Inggris dihadapkan dengan Kolombia di babak 16 besar Piala Dunia 2018. The Three Lions yang jadi unggulan nyaris tersingkir di partai ini.

Timnas Inggris harus berjuang hingga titik darah penghabisan untuk mengalahkan Kolombia. Sempat memimpin laga hingga masa injury time, kemenangan yang sudah di depan mata Inggris akhirnya sirna oleh gol penyama kedudukan yang dicetak oleh Yerry Mina di menit 90+3.

The Three Lions butuh hingga babak adu penalti untuk memastikan tiket lolos ke perempat final Piala Dunia 2018. Bermain 1-1 hingga babak perpanjangan waktu, Inggris akhirnya menang adu penalti 4-3.

Dalam laga tersebut, gol baru tercipta melalui tendangan penalti dari Harry Kane di menit ke-57. Kolombia pun baru bisa membalas gol tersebut di masa perpanjangan waktu melalui sundulan dari bek muda, Yerry Mina, memanfaatkan umpan dari tendangan sudut. Laga pun dilanjutkan dengan babak tambahan.

Di masa perpanjangan waktu, kedua tim tak mampu mencetak satu gol pun. Skor masih imbang, laga pun dilanjutkan dengan adu penalti.

Adu Penalti

Radamel Falcao, Juan Cuadrado, dan Luis Muriel menjadi tiga algojo Kolombia yang berhasil menjalankan tugas. Namun di sisi lain, Inggris harus tertinggal lebih dulu, usai Jordan Henderson, yang menjadi eksekutor ketiga bagi skuad The Three Lions, gagal menjebol gawang Kolombia yang dikawal oleh David Ospina. Setelah sebelumnya, Kane dan Marcus Rashford sukses mengeksekusi penalti.

Beruntung bagi skuat asuhan Gareth Southgate ini, kegagalan Henderson diikuti oleh eksekutor keempat dari Kolombia, Mateus Uribe. Sedangkan eksekutor keempat dari Inggris, Kieran Trippier, sukses melakukan tendangan penaltinya.

Asa Kolombia pun semakin pupus kala eksekutor terakhir, Carlos Bacca, gagal pula mengeksekusi penaltinya. Akhirnya kemenangan Inggris pun ditutup oleh tendangan penalti dari Eric Dier. Inggris pun memenangkan adu tos-tosan itu dengan skor 4-3.

Ditonton hingga 24 juta Orang

Kemenangan adu penalti Inggris atas Kolombia di babak adu penalti, ternyata mampu menyedot animo publik Inggris sebanyak 23,6 juta orang penonton di kanal televisi Inggris, ITV.

Jumlah penonton pada momen-momen adu penalti, yaitu pada pukul 21:50 hingga 21:55 waktu Inggris tersebut, lebih banyak dari jumlah penonton selama lima menit pada tayangan apapun di televisi Inggris.

Angka tersebut adalah yang tertinggi sejak tayangan penutupan Olimpiade London, 2012 lalu.

Yerry Mina Ukir Rekor

Yerry Mina tampil impresif saat Timnas Kolombia menghadapi Inggris pada 16 besar Piala Dunia 2018. Selain meredam serangan lawan, dia sempat menumbuhkan harapan negaranya lewat golnya.

Sebelumnya, pemain berusia 28 tahun ini memulai kampanye Piala Dunia 2018 tidak sebagai pemain inti. Namun, Jose Pakerman pelatih Kolombia, memercayainya sejak pertandingan kedua melawan Polandia di fase grup.

Dalam duel ini, Mina berhasil mencetak satu gol dan membawa Kolombia menang 3-0 atas Polandia. Mina kembali tampil pada pertandingan berikutnya melawan Senegal dan Mina kembali cetak gol.

Ketiga gol ini seluruhnya tercipta lewat tandukan. Mina pun kini tercatat dalam sejarah sebagai bek pertama yang mampu mencetak gol di tiga laga perdana di Piala Dunia.

Samai Rekor Dua Legenda Inggris

Harry Kane menyamai pencapaian dua legenda timnas Inggris berkat satu golnya pada menit ke-56, yakni Gary Lineker dan Tommy Lawton. Gol ini memperkokoh posisi Kane di pemuncak daftar top scorer sementara Piala Dunia 2018 dengan koleksi enam gol.

Kane menjadi pemain Inggris pertama yang mampu mencetak gol dalam enam laga berturut-turut sejak Tommy Lawton pada 1939. Pemain Tottenham Hotspur itu mencetak gol sejak partai perdana di Piala Dunia 2018 melawan Tunisia lewat dua golnya.

Kemudian, keran gol Kane mengucur deras di matchday kedua lewat lesakan Hat-trick saat melawan Panama dengan hasil kemenangan 6-0 untuk Inggris. Hingga ia berhasil mencetak gol di babak 16 besar melawan Kolombia.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?