PIALA DUNIA 2018 PREDIKSI: Belgia – Jepang Selasa (3/7)

reza -

Belgia - Jepang

IDNGoal.news – Belgia di ambang kesempurnaan, sementara Jepang yang dalam angan menciptakan sejarah, akan bertemu pada babak 16 besar Piala Dunia 2018, di Rostov Arena, Selasa (3/7) dinihari WIB. Kedua tim punya catatan kontras di fase grup. Belgia begitu sempurna dan mudah mengumpulkan sembilan poin, sementara Jepang harus berjuang untuk tiket ke fase gugur hingga laga terakhir.

Roberto MartinePIz tentu akan kembali mengerahkan tim terbaiknya untuk melawan Samurai Biru, setelah melakukan rotasi masif saat kontra Inggris. Romelu Lukaku sebagai topskorer tim dalam kondisi bugar, plus Vincent Kompany yang mulai membaik dan bisa saja dimainkan. Tapi, Adnan Januzaj mengalami memar pada bagian lutut.

Dari kubu Jepang, striker Leicester City Shinji Okazaki mengalami masalah engkel sehingga mungkin tak dimainkan. Tapi nama-nama yang merupakan andalan sejak laga awal seperti  Makoto Hasebe, Shinji Kagawa dan Yuya Osako bisa kembali diandalkan pelatih Akira Nishino.

Dalam sejarahnya, Jepang tidak pernah bisa melangkah lebih jauh dari babak 16 besar di Piala Dunia. Sehingga di edisi kali ini mereka punya tekad tersebut namun dipastikan tidak akan mudah karena Belgia merupakan lawan dengan materi pemain terbaik. Sementara Red Devils cukup rutin lolos ke babak 16 besar, dan ingin melanjutkan tren melaju ke perempat-final, yang pernah mereka dapatkan 1986 dan 2014.

Jepang dan Belgia sudah lima kali bertemu, dan yang cukup mengagetkan adalah rekor Jepang yang lebih baik. Belgia hanya pernah menang satu kali atas Jepang, yakni pada partai persahabatan November tahun lalu, lewat gol semata wayang Lukaku. Sisanya dimenangkan Jepang dua kali dan dua kali imbang.

Ada fakta yang tak berpihak kepada Jepang, bahwa mereka selalu gagal mencetak gol ketika bentrok dengan wakil Eropa pada lima partai terakhir. Gol terakhir Jepang ke gawang tim Eropa saat Piala Dunia adalah kontra Denmark, 2010. Total dari enam kali melawan tim Eropa, Jepang hanya menang sekali, imbang dua dan kalah tiga kali.

Di atas kertas kualitas dari pemain Belgia membuat mereka diunggulkan untuk laga ini. Jepang butuh berusaha keras untuk mengimbangi level permainan Kevin de Bruyne cs. Menarik ditunggu apa yang akan dilakukan oleh Jepang pada laga ini, meski Belgia dijagokan bisa unggul tipis atas mereka.

Prakiraan Susunan Pemain

Belgia: Courtois; Vertonghen, Kompany, Alderweireld; Axel Witsel, De Bruyne, Carrasco, Meunier; Mertens, Hazard; Lukaku.

Jepang: Kawashima; Sakai, Yoshida, Shoji, Nagatomo; Hasebe, Shibasaki; Haraguchi, Kagawa, Inui; Osako.

Prediksi Skor

Belgia 2-1 Jepang.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?