PIALA DUNIA 2018 PREDIKSI: Prancis – Argentina Sabtu (30/6)

reza -

Prancis - Argentina

IDNGoal.news – Piala Dunia 2018 akhirnya memasuki fase gugur, di mana partai antara Prancis dan Argentina akan mengawali babak 16 besar, di Kazan Arena, Sabtu (30/6) malam WIB. Laga ini layaknya final dini, karena kedua tim punya reputasi atas meski sama-sama punya masalah ketika di babak grup.

Prancis masih lebih diunggulkan atas Argentina, jika mengacu pada performa kedua tim di fase grup. Prancis mulus meraih enam poin pada partai awal grup, namun kemudian bermain imbang tanpa gol ketika menghadapi Denmark. Performa Les Bleus pun dikecam pada pertandingan tersebut.

Sementara Argentina benar-benar kesulitan ketika menjalani fase grup. Mereka dikejutkan pertahanan ketat Islandia sehingga bermain imbang, lalu dibantai Kroasia sebelum akhirnya tampil heroik untuk memastikan tiket lolos ke 16 besar, dengan mengalahkan Nigeria, 2-1.

Magis Lionel Messi kembali tersaji dalam kemenangan atas Nigeria, tapi sebenarnya yang jadi pahlawan adalah Marcos Rojo — lewat gol penentunya ke jala Nigeria. Bagaimana pun, magis Messi kembali dinantikan ketika Argentina bentrok dengan Prancis, yang juga dihuni pemain depan level dunia dan barisan belakang yang kaya pengalaman.

Didier Deschamps selaku pelatih Prancis akan kembali mengandalkan formasi 4-3-3 yang sejauh ini memang tak pernah diubah. Hugo Lloris, Benjamin Pavard, Samuel Umtiti, Paul Pogba, Blaise Matuidi dan Kylian Mbappe yang sempat terkena rotasi pada laga terakhir akan kembali menghuni susunan sebelas awal. Sementara Argentina kembali mengandalkan pakem 4-2-3-1, dengan Gonzalo Higuain kembali diberi menit bermain. Striker Juventus itu cukup efektif mengalihkan perhatian dari bek lawan.

Soal bentrok kedua tim, Prancis tak diunggulkan jika menengok fakta pertemuan. Argentina mampu memenangkan empat pertandingan terakhir kontra Prancis, keduanya pernah bertemu pada Piala Dunia 1930, yang berakhir 2-1 untuk Argentina. Selebihnya, tim Ayam Jantantak pernah lagi menjebol gawang Argentina, dengan pertemuan terakhir terjadi pada 2009, yang berakhir 2-0 untuk Argentina.

Darah muda Prancis kini tak bisa diragukan kualitasnya, apalagi Argentina punya pertahanan keropos dan rata-rata usia mereka adalah 30 tahun. Prancis dijagokan untuk bisa unggul atas Argentina pada pertemuan ini, dengan kemenangan tipis mungkin paling realistis. Tapi, momen magis selalu bisa dipersembahkan Messi — meski Argentina kerap tampil di bawah ekspektasi saat di partai besar.

Prakiraan Susunan Pemain

Prancis: Lloris; Pavard, Varane, Umtiti, Hernandez; Tolisso, Kante, Pogba; Mbappe, Griezmann, Dembele.

Argentina: Armani; Mercado, Otamendi, Rojo, Tagliafico; Banega, Mascherano; Di Maria, Perez, Messi; Higuain.

Prediksi Skor

Prancis 1-0 Argentina

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?