PIALA DUNIA 2018 PREDIKSI: Rusia – Kroasia Minggu (8/7)

reza -

Rusia Vs Kroasia

IDNGoal.news – Tuan rumah Rusia akan melawan Kroasia untuk memperebutkan satu tempat semi-final Piala Dunia 2018. Kedua tim akan bertemu di Olimpiskiy Stadion Fisht, Minggu (8/7) dinihari WIB. Rusia akan memaksimalkan kans mereka karena tampil di publik sendiri, sementara Kroasia punya kualitas skuat yang lebih diunggulkan untuk laga ini.

Jalan Rusia menuju 16 besar dilalui secara dramatis, lewat adu penalti melawan juara Piala Dunia 2014, Spanyol. Sementara itu Kroasia juga sama-sama harus memastikan raihan mereka sejauh ini lewat adu penalti kontra Denmark. Igor Akinfeev tampil heroik di bawah mistar kala itu.

Sejak berubah nama menjadi Rusia, tuan rumah tak pernah bisa lolos dari fase grup ketika tampil di Piala Dunia. Pencapaian tertinggi adalah empat besar Piala Dunia 1966 ketika tim masih bernama Uni Soviet. Jelas, pencapaian ini harus benar-benar dimaksimalkan, terlebih dengan keuntungan mereka menjadi tuan rumah. Siapa pun pemenang dari partai ini, sudah ditunggu tim sekelas Prancis, yang juga sangat siap untuk menjadi juara.

Aleksandr Golovin, Mario Fernandes dan Yuri Zhirkov siap diandalkan Rusia, setelah secara bergantian harus absen. Stanislav Cherchesov akan kembali menggunakan formasi 3-4-2-1 yang sukses meredam permainan Spanyol di 16 besar. Pendekatan dengan bermain sabar dan menunggu momen serangan balik atau bola mati akan kembali dilakukan oleh Rusia.

Zlatko Dalic juga boleh lega karena tak punya masalah dengan cedera atau pun akumulasi kartu. Mateo Kovacic dan Ivan Strinic yang sempat menepi lebih dulu pada sesi latihan dinyatakan fit untuk bertanding pada laga ini. Tak ada alasan untuk Dalic merombak susunan pemainnya di lini mana pun. Luka Modric dan Ivan Rakitic punya peran penting sebagai penerjemah taktik Dalic di lapangan, demi membongkar pertahanan Rusia yang begitu disiplin saat lawan Spanyol.

Laga ini akan menjadi pertemuan keempat kedua tim sepanjang sejarah. Tiga kali bentrok, dua di antaranya berakhir imbang, dan pertemuan terakhir pada 17 November 2015 dimenangkan Kroasia dengan skor 3-1. Hal tersebut sangat mungkin diulangi, sebagaimana permainan Kroasia pada Piala Dunia kali ini cukup superior.

Kroasia dan Rusia sama-sama berusaha memaksimalkan kesempatan langka mereka di Piala Dunia, mumpung Rusia sedang menjadi tuan rumah dan Kroasia sedang dibela sederet generasi emas. Kans adu penalti terbuka lebar, tapi Kroasia lebih dijagokan bisa menutup pertandingan lewat waktu normal — bahkan Hrvatska diprediksi bisa menang dengan catatan clean sheet di laga ini.

Prakiraan Susunan Pemain

Rusia: Akinfeev; Kutepov, Ignasevich, Kudryashov; Fernandes, Kuzyaev, Zobnin, Zhirkov; Samedov, Golovin; Dzyuba.

Kroasia: Subasic; Vrsaljko, Lovren, Vida, Strinic; Brozovic; Rebic, Modric, Rakitic, Perisic; Mandzukic.

Prediksi Skor

Kroasia 2-0 Rusia.

 

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?