Pickford Mendapatkan Contekan dari Botol mineral ??

reza -

Jordan Pickford Melakukan Penyelamatan

IDNGoal.news – Penjaga gawang Jordan Pickford menjadi pahlawan timnas Inggris pada babak adu penalti melawan Kolombia. Di balik kisah heroik Pickford, rupanya ada contekan yang dituliskan pada botol minuman.

Inggris berjumpa Kolombia pada babak 16 Besar Piala Dunia pada hari Rabu (4/7) kemarin di Otkrytiye Arena. Inggris unggul dari gol Harry Kane, tapi gol menit akhir Yerry Mina membuat Kolombia menyamakan skor menjadi 1-1.

Laga tetap imbang 1-1 saat perpanjangan waktu 2×15 usai. Babak adu penalti pun digelar. Tim arahan Gareth Southgate akhirnya meraih kemenangan dengan skor 3-4 lewat drama adu penalti. Inggris pun melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2018.

Pickford dan Contekannya

Pickford menjadi kunci kemenangan Inggris di babak adu penalti. Kiper berusia 24 tahun tersebut sukses menggagalkan eksekutor kelima Kolombia yakni Carlos Bacca. Sebelumnya, ada sepakan Uribe yang mengenai mistar gawang.

Sukses Pickford menebak arah tendangan penalti dan menepisnya, menurut laporan Sky Sport, tidak lepas dari sebuah contekan yang diberikan secara khusus untuknya.

Sebelum dia melangkah untuk menjalani adu penalti, Pickford mendapat sodoran sebuah botol minum. Dalam botol itulah terdapat panduan ihwal ke mana arah pemain Kolombia akan menendang penalti. Panduan yang terbukti benar.

Martyn Margetson

Otak di balik contekan botol tersebut tidak lain adalah Martyn Margetson, pelatih kiper timnas Inggris. Margetson telah melakukan riset sebelum laga untuk mengetahui kecenderungan arah bola tendangan para pemain timnas Kolombia.

Menurut Pickford, dari lima instruksi yang diberikan oleh Margetson, dia hanya melupakan arah tendangan yang dilakukan oleh Radamel Falcao. Pickford pun salah mengantisipasi arah sepakan El Tigre.

Namun, contekan tersebut sejatinya bukan hal yang baru bagi Pickford. Pada laga melawan Tunisia, Margetson juga sempat memberi contekan. Tapi, saat itu informasi yang diberikan salah.

Margetson menduga bahwa yang akan jadi eksekutor penalti adalah Wahbi Khazri. Tapi, yang kemudian mengambil adalah Ferjani Sassi. Gawang Pickford pun harus kebobolan. Tapi, Inggris saat itu masih mampu meraih kemenangan dengan skor 1-2.

Pickford Catat Rekor

Penampilan apik Pickford tidak hanya sukses membawa Inggris lolos ke babak perempat final. Tapi, penjaga gawang yang bermain untuk Everton juga sukses mencatatkan sebuah rekor pribadi di Piala Dunia.

Dikutip dari situs resmi FIFA, Pickford jadi penjaga gawang pertama Inggris yang mampu menepis tendangan penalti dalam 20 tahun terakhir.

Sebelum Pickford, kiper Inggris yang mampu menepis tendangan penalti adalah David Seaman. Legenda Arsenal itu menepis penalti pemain Argentina, Hernan Crespo pada Piala Dunia 1998 silam.

 

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?