Presiden FIFA Undang Moo Pa ke Final Piala Dunia 2018

reza -

Gianni Infantino

IDNGoal.news – Presiden FIFA Gianni Infantino mengundang bocah-bocah klub sepakbola Moo Pa dari Thailand untuk menghadiri pertandingan final Piala Dunia 2018, apabila situasinya memungkinkan.

Seperti diberitakan sebelumnya, 12 anak dan satu pelatih dari klub Moo Pa alias Celeng Liar, terperangkap dalam kompleks gua Tham Luang di Chiang Rai, Thailand Utara. Mereka dilaporkan hilang sejak 23 Juni lalu.

Setelah dilakukan operasi pencarian besar-besaran dengan bantuan lintas negara, bocah-bocah itu berhasil ditemukan pada hari Senin (02/07) lalu. Mereka dilaporkan terjebak sekitar dua kilometer di dalam gua dan sekitar 800 meter di bawah permukaan tanah.

Simpati FIFA

Kabar ini menyebar ke seluruh dunia dengan cepat. Infantino, yang tengah sibuk dengan penyelenggaraan Piala Dunia di Rusia juga mendengar kabar tersebut.

Ia pun bersimpati dan berusaha memberikan dukungan moral. Ia mendoakan mereka agar bisa segera terbebas, dan jika tak terlambat, anak-anak itu akan diundangnya ke Rusia pada tanggal 15 Juli mendatang.

“Kami dengan cemas mengikuti berita operasi penyelamatan dalam pencarian 12 pemain muda dan pelatih mereka di gua yang terkena banjir di provinsi Chiang Rai Thailand utara sejak 23 Juni 2018, dan sekarang sangat lega mendengar kabar baik bahwa mereka telah ditemukan oleh tim penyelamat.”

“Atas nama komunitas sepakbola internasional, saya ingin bergabung dengan Anda dalam mengungkapkan simpati dan dukungan terdalam saya kepada keluarga para pemain dan pelatih, serta solidaritas saya dengan rakyat Thailand pada saat ini yang sangat memprihatinkan. Pikiran dan doa kami untuk semua keluarga dan komunitas dan kami berharap bahwa mereka akan segera merangkul orang yang mereka cintai dan memulihkan kekuatan dan kepercayaan diri mereka.”

“Kami berharap bahwa, dalam beberapa cara, kata-kata dukungan kami dapat membantu mereka sedikit kedamaian dan keberanian di saat-saat ketidakpastian dan kekhawatiran yang sulit ini.”

“Jika, seperti yang kita semua harapkan, mereka bersatu kembali dengan keluarga mereka dalam beberapa hari mendatang dan kesehatan mereka memungkinkan mereka untuk melakukan perjalanan, FIFA akan senang untuk mengundang mereka untuk menghadiri final Piala Dunia 2018 di Moskow sebagai tamu kami. Saya dengan tulus berharap bahwa mereka akan dapat bergabung dengan kami di final, yang tidak diragukan lagi akan menjadi momen persatuan dan perayaan yang indah.”

“Wassalam. Gianni Infantino.” Demikian isu surat dari Infantino yang disampaikan melalui federasi sepakbola Thailand.

Terancam Terjebak Empat Bulan

Doa Infantino kemungkinan saja sulit untuk direalisasikan kecuali ada mukjizat yang terjadi. Sebab perjalanan untuk keluar dari lokasi anak-anak itu sangatlah sulit.

Butuh waktu lima hingga enam jam untuk bisa keluar dari gua tersebut. Operasi penyelamatan bisa makin sulit jika hujan lebat terus terjadi karena debit air akan meningkat meski sudah ada upaya memompa air keluar dari gua dengan menggunakan mesin.

Ada opsi untuk melatih anak-anak itu ketrampilan dasar menyelam. Namun operasi itu dianggap terlalu beresiko.

Bahkan sebelum ide itu direalisasikan, ada bukti bahwa ide itu memang sangat buruk. Sebab ada satu anggota tim penyelamat yang tewas kehabisan oksigen saat akan keluar dari gua.

Pria yang tewas itu bernama Saman Kunan. Ia bukan pria biasa karena ia merupakan mantan anggota penyelam Thai Navy Seal.

Jadi, yang ada sekarang adalah opsi untuk menunggu hingga musim hujan reda, yang berarti harus menunggu hingga akhir September atau awal Oktober.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?