Profil Andries Noppert: 2020 Tanpa Klub, Diminta Daftar Polisi, dan 2022 Kiper Belanda di Piala Dunia

admin - Piala Dunia

Aksi kiper Timnas Belanda, Andries Noppert, pada laga melawan Senegal di Piala Dunia 2022

IDNGoal.news – Piala Dunia selalu menyajikan cerita heroik dari para pemain yang ambil bagian. Pada Piala Dunia 2022, ada nama Andries Noppert yang membuka kisah heroik dengan kesuksesan menjadi kiper pertama Timnas Belanda.

Belanda memainkan laga pertamanya di Grup A Piala Dunia 2022 dengan berjumpa Senegal, Senin (21/11/2022) malam WIB. Pada duel di Stadion Al Thumama itu, Belanda meraih kemenangan dengan skor 2-0.

Cody Gakpo dan Davy Klaassen muncul sebagai pahlawan Belanda lewat dua gol yang dicetaknya. Gakpo bahkan terpilih sebagai Man of the Match lewat kontribusi yang diberikan.

Namun, Belanda tidak akan menang jika bukan Andries Noppert yang berdiri di bawah mistar mereka. Belanda menang berkat penampilan kiper yang tidak punya klub pada 2020 lalu.

Siapa Andries Noppert?

Louis van Gaal membawa komposisi yang unik untuk sektor penjaga gawang di Piala Dunia 2022. Dari tiga kiper yang dibawa, mereka minim caps internasional. Padahal, usia mereka tidak lagi muda.

Noppert yang menjadi pilihan utama pada duel lawan Senegal, belum pernah bermain untuk Belanda sebelumnya. Noppert datang ke Piala Dunia 2022 dengan status 0 caps dan langsung menjadi pilihan utama Louis van Gaal.

Noppert bukan kiper dengan jejak karier yang luar biasa. Bahkan, dia bukan nama yang populer di Belanda. Bayangkan saja, pada musim 2017/2018 dan 2018/2019, Noppert bermain untuk klub Serie B Italia yakni Foggia.

Lebih menarik lagi, status Noppert bukan kiper utama. Noppert hanya pelapis di Foggia. Saat pindah ke klub Erstedivisie (Liga 2 Belanda) pada musim 2020/2021, Noppert juga bukan pilihan utama.

Tanpa Klub, Diminta Pensiun, dan Jadi Polisi

Noppert bermain di FC Dordrecht pada musim 2020/2021 dan hanya memainkan dua laga sepanjang musim. Keluarga Noppert, termasuk sang istri, meminta untuk mengakhiri karier sepak bola. Noppert diminta untuk daftar polisi.

Namun, Noppert memilih jalan berbeda dari keluarganya. Noppert tetap berada di jalur sepak bola walau tidak punya klub pada periode Juni 2020 hingga Jamuari 2021. Lalu, dia bergabung dengan Go Ahead Eagles pada Januari 2021.

Di Go Ahead Eagels, Noppert harus menanti satu tahun untuk memainkan debutnya. Dia debut ketika Go Ahead Eagels sudah promosi ke Eredivisie. Pada musim 2021/2022, Noppert memainkan 15 laga dan dari situ kariernya berubah.

Kiper Utama dan Panggilan dari Luois van Gaal

Pada musim 2022/2023, Nopperts pindah ke Heerenveen dengan status free transfer. Awalnya, tidak banyak yang menduka Noppert akan menjadi pilihan utama. Akan tetapi, jalan nasib kiper 28 tahun sudah berbeda dan dia menjadi pilihan utama.

Bersama Heerenveen, Noppert memainkan 14 laga di Eredivisie. Dia baru kebobolan 13 gol dan mencatatkan enam laga nirbobol. Dari situs, Louis van Gaal membawanya ke Piala Dunia 2022.

Noppert sempat mendapat panggilan untuk laga UEFA NationS League pada edisi September 2022. Namun, dia hanya jadi cadangan ketika Belanda menang 1-0 lawan Belgia. Debut Noppert terjadi saat Belanda berjumpa Senegal di Piala Dunia 2022, nirbobol, dan membuat empat penyelamatan.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?