Profil Tim dan Daftar Pemain Kosta Rika di Piala Dunia 2022

admin - Piala Dunia

Timnas Kosta Rika, salah satu peserta Piala Dunia 2022

IDNGoal.news – Timnas Kosta Rika akan berhadapan dengan Spanyol pada laga perdana mereka di Piala Dunia 2022. Dual antara Spanyol vs Kosta Rika bakal dimainkan di Stadion Al Thumama, Rabu (23/11/2022) mulai pukul 23.00 WIB.

Piala Dunia 2022 di Qatar akan menjadi Piala Dunia ke-6 bagi Kosta Rika. Sebelumnya, anggota CONCACAF ini sudah tampil pada edisi 1990, 2002, 2006, 2014, dan 2018.

Prestasi terbaik Kosta Rika adalah mencapai babak perempat final. Kosta Rika menorehkannya di Piala Dunia 2014.

Di Brasil 2014, Kosta Rika berada di grup neraka bersama Uruguay, Italia, dan Inggris. Namun, mereka secara mengejutkan mampu finis sebagai juara grup dengan perolehan tujuh poin.

Waktu itu, Kosta Rika lolos bersama Uruguay, sedangkan Italia dan Inggris harus rela tersingkir. Kosta Rika kemudian mengeliminasi Yunani melalui adu penalti di babak 16 besar, tetapi mereka lalu dikandaskan Belanda di perempat final – juga melalui adu penalti.

Di Rusia 2018, Kosta Rika gagal lolos dari penyisihan grup. Kala itu, Kosta Rika bahkan finis sebagai juru kunci di bawah Brasil, Swiss, dan Serbia.

Di Qatar 2022, Kosta Rika kembali masuk grup yang berat. Mereka berada satu grup dengan dua raksasa Eropa, Spanyol dan Jerman, serta wakil Asia, Jepang.

Untuk Piala Dunia 2022, Kosta Rika mengusung skuad berisikan pemain-pemain yang mayoritas berkarier di Benua Amerika. Satu sosok yang paling terkenal tentu saja kiper PSG, Keylor Navas. Berikut profil tim mereka.

Pemain Bintang: Keylor Navas

Skuad Kosta Rika dihuni pemain-pemain berpengalaman, seperti mantan Arsenal, Joel Campbell hingga eks penggawa Fulham, Bryan Ruiz. Dari sejumlah pemain berpengalaman itu, ada kiper senior yang kini bermain di PSG, Keylor Navas.

Pemain ini sudah malang melintang di klub top Eropa, termasuk Real Madrid. Sejumlah gelar juara kompetisi top Eropa, seperti La Liga, Ligue 1, hingga gelar Liga Champions sudah pernah dia rasakan.

Meski sudah berusia 35 tahun, posisi pemilik 107 international caps ini sebagai kiper utama Timnas Kosta Rika masih belum tergantikan.

Profil Pelatih: Luis Fernando Suarez

Federasi Sepak Bola Kosta Rika meunjuk Luis Fernando Suarez untuk menjadi pelatih kepala Timnas Kosta Rika sejak 1 Juni 2021. Sebelum membesut Kosta Rika, pelatih berkebangsaan Kolombia yang kini berusia 62 tahun itu pernah melatih Ekuador hingga Honduras.

Sejauh ini, Kosta Rika telah memainkan 24 laga bersama Luis Fernando Suarez. Mereka 13 kali menang, enam kali imbang, dan lima kali kalah. Mereka juga mencetak 26 gol dan kebobolan 17.

Luis Fernando Suarez telah membawa Kosta Rika lolos dari kualifikasi Piala Dunia 2022. Kosta Rika lolos usai mengalahkan Selandia Baru di playoff CONCACAF-OFC. Kini dia dan pasukannya tengah mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk mencoba meraih prestasi memuaskan di Qatar 2022.

Skuad Resmi untuk Piala Dunia 2022

Kiper: Keylor Navas (PSG), Esteban Alvarado (Herediano), Patrick Sequeira (CD Lugo).

Belakang: Francisco Calvo (Konyaspor), Juan Pablo Vargas (Millonarios FC), Kendall Waston (Saprissa), Oscar Duarte (Al-Wehda), Daniel Chacon (Colorado Rapids), Keysher Fuller (Herediano), Carlos Martinez (San Carlos), Bryan Oviedo (Real Salt Lake), Ronald Matarrita (Cincinnati).

Tengah: Yeltsin Tejeda (Herediano), Celso Borges (Alajuelense), Youstin Salas (Saprissa), Roan Wilson (Grecia), Gerson Torres (Herediano), Douglas Lopez (Herediano) Jewisson Bennette (Sunderland), Alvaro Zamora (Saprissa), Anthony Hernandez (Puntarenas FC), Brandon Aguilera (Nottingham Forest), Bryan Ruiz (Alajuelense).

Depan: Joel Campbell (Leon), Anthony Contreras (Herediano) Johan Venegas (Alajuelense).

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?