Rapor Pemain Liverpool Saat Jamu Man City: Salah Emang The Best, Milner Ampun Deh

robin -

Allison Becker

IDNGoal.news – Liverpool menjamu Manchester City di pekan ke ketujuh Premier League 2021-22 di Anfield, Minggu (03/10/2021) malam WIB.

Pertandingan ini berlangsung dengan sangat seru. Liverpool sempat kewalahan menghadapi serbuan Man City.

Namun mereka bisa unggul lebih dahulu via Sadio Mane. Namun Phil Foden berhasil membuat City menyamakan skor.

Liverpool kemudian unggul lagi via aksi individu Mohamed Salah. Tapi City bisa menyamakan skor berkat gol Kevin de Bruyne, setelah bola tendangannya dibelokkan oleh Joel Matip.

Laga berakhir imbang dengan skor 2-2. Berapa rapor para pemain Liverpool di pertandingan ini? 

Alisson Becker

Rating – 7.5

Sempat nyaris membuat blunder di babak pertama karena salah mengumpan. Namun ia menebusnya dengan membuat dua penyelamatan gemilang saat sukses menggagalkan peluang Phil Foden dalam situasi satu di babak pertama.

Ia akhirnya kebobolan dari tendangan keras Foden dan Kevin de Bruyne. Namun itu bukan salahnya.

James Milner

Rating – 4

Tampak membuat start bagus. Namun seiring waktu, ia kelabakan menghadapi serbuan Phil Foden. James Milner bahkan sempat telat mengawalnya hingga menjatuhkannya dan dikartu kuning oleh wasit.

Di babak kedua ia juga ikut berperan membangun serangan yang mengarah pada gol Sadio Mane. Namun ia kemudian beruntung tak diusir wasit usai melanggar Bernardo Silva.

Milner yang terus keteteran akhirnya sampai pada titik di mana ia telat menutup ruang tembak Phil Foden yang membuat City bisa menyamakan Skor. Ia akhirnya ditarik keluar pada pertengahan babak kedua, digantikan Joe Gomez.

Joel Matip

Rating – 6.5

Pemain terbaik Liverpool di babak pertama. Selalu berada di waktu dan tempat yang tepat.

Joel Matip beberapa kali menggagalkan usaha pemain Manchester City menciptakan peluang berbahaya di kotak penalti. Ia bahkan sempat berusaha membantu timnya mengawali serangan dengan dribel andalanya sampai nyaris ke kotak penalti lawan.

Namun di babak kedua, Matip apes. Ia membelokkan arah bola tendangan Kevin De Bruyne dan berbuah gol.

Virgil van Dijk

Rating – 6

Beda dengan Joel Matip, Virgil van Dijk terlihat anyep di babak pertama. Tak banyak aksi yang dilakukannya.

Di babak kedua, penampilan Van Dijk juga tak banyak berubah. Namun jelang akhir babak kedua, ia sempat membuat beberapa intersep penting yang menggagalkan peluang lawan untuk mencetak gol.

Andrew Robertson

Rating – 5.5

Tak banyak aksi yang ditunjukkan Andrew Robertson di babak pertama, khususnya saat menyerang. Ia lebih sering dipaksa bertahan. Ia cukup kewalahan menghadapi serangan dari sisi kanan.

Ia juga sempat alpa mengawal posisinya. Untung Kevin De Bruyne gagal mencetak gol dengan sundulannya setelah melihat posisi yang sisi kiri tak terkawal.

Di babak kedua, ia sempat tampil garang di menit-menit awal. Namun setelah itu tak banyak kontribusinya pada Liverpool. Namun di penghujung laga babak kedua Robertson berhasil mengeblok bola tendangan Gabriel Jesus.

Fabinho

Rating – 5.5

Tak banyak yang bisa dilakukan Fabinho. Ia gagal membendung serbuan lini tengah Manchester City dan kesulitan membantu Liverpool mengembangkan permainannya.

Di babak kedua ia ikut berperan membantu Liverpool membangun serangan kilat ke pertahanan Man City. Serangan ini berujung pada gol Sadio Mane.

Fabinho juga sempat mendapat peluang emas mencetak gol. Namun ia telat menendang bola dan bisa diblok oleh Rodrigo.

Jordan Henderson

Rating – 5

Tampil dengan spirit tinggi. Tapi Jordan Henderson malah sempat lengah dan membuat kesalahan saat bola lepas darinya dan direbut oleh Bernardo Silva.

Di babak kedua, Henderson mencoba lebih keras. Namun ia juga tak mengubah banyak hal.

Curtis Jones

Rating – 5

Main buruk juga di lini tengah. Gagal berkontribusi saat menyerang dan juga saat bertahan.

Ia juga tak banyak berubah di babak kedua dan masih cukup kesulitan menghadapi lini tengah Manchester City.
Curtis Jones memang memberikan assit pada Salah. Namun ia kemudian gagal menutup ruang umpan dan ruang tembak Kevin De Bruyne hingga ia bisa mencetak gol penyeimbang.

Sadio Mane

Rating – 7

Anyep di babak pertama. Ia sering kehilangan bola dan tak memberikan ancaman berarti pada sektor yang dikawal Kyle Walker.

Membuat start apik di babak kedua dan mencetak gol bagi Liverpool. Ia bisa memanfaatkan peluangnya secara maksimal. Setelah itu penampilannya sedikit membaik ketimbang di babak pertama.

Diogo Jota

Rating – 5

Tak banyak berkontribusi di lini serang. Ia kesulitan menghadapi pertahanan kokoh Manchester City.

Sempat menunjukkan permainan apik di awal babak kedua dan melepas tendangan on target yang merepotkan Ederson. Namun setelah itu ia ditarik keluar sebelum menit ke-70 dan digantikan Roberto Firmino

Mohamed Salah

Rating – 8.5

Diandalkan menjadi motor serangan Liverpool seperti biasanya. Namun ia mati kutu mendapat kawalan dari Joao Cancelo.

Namun di babak kedua Salah mengamuk! Ia ikut membangun serangan balik ke pertahanan Manchester City dan memberikan assist manis pada Sadio Mane.

Salah kemudian menampilkan aksi individual kelas dunia dan mencetak gol kedua Liverpool. Ia meloloskan diri dari Cancelo, mengecoh Bernardo Silva, dan kemudian Aymeric Laporte, sebelum akhirnya menjebol gawang Ederson dengan tendangan kaki kanannya dari sudut sempit.

Roberto Firmino – Pemain Pengganti

Rating – 5.5

Roberto Firmino diharapkan bisa memberikan suntikan tenaga baru untuk Liverpool di babak kedua. Akan tetapi penampilannya tak seperti yang diharapkan.

Ia tak bisa membantu mendobrak pertahanan Man City. Firmino gagal mengulang performa super subnya seperti sebelumnya.

Joe Gomez – Pemain Pengganti

Rating – 6

Langung dipaksa bekerja keras membantu pertahanan Liverpool. Joe Gomez juga berusaha untuk membantu timnya menyerang.

Ia tak bisa berkontribusi dengan maksimal juga. Namun penampilannya juga tak bisa dibilang buruk.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?