Remaja Ini Diklaim Lebih Hebat Ketimbang Ronaldo

reza - Liga Italia

Rafael Leao

IDNGoal.news – Penyerang muda Lille Rafael Leao diklaim lebih baik ketimbang Cristiano Ronaldo ketika ia masih di level akademi.

Klaim itu dilontarkan oleh mantan pelatih Rafael, Tiago Fernandes. Tiago sebelumya pernah melatih pemuda berusia 19 tahun itu di Sporting Lisbon.

Rafael menimba ilmu di klub Portugal itu dari tahun 2008 hingga 2017. Setelah mentas dari tim akademi, ia masuk skuat Sporting B.

Setahun kemudian ia masuk dalam skuat senior Sporting. Masih di tahun yang sama, tepatnya pada bulan Agustus, ia kemudian direkrut oleh Lille.

Rafael hanya butuh dua laga untuk bisa mencetak gol pertamanya bagi Lille. Dan sejauh ini, ia total sudah mengemas enam gol di Ligue 1 di musim perdananya, di mana lima gol di antaranya ia hasilkan dalam enam pertandingan terakhirnya.

Tiago mengatakan Leao seharusnya dipromosikan ke tim senior Sporting lebih awal karena bakatnya yang luar biasa. Ia juga mengatakan mantan anak asuhnya itu tampak lebih bersinar daripada Ronaldo saat masih di level akademi.

“Saya mendorong [pelatih Sporting] saat itu Jorge Jesus untuk membawanya ke tim utama dan saya berkata kepadanya: ‘Ya, Gelson Martins memiliki bakat tetapi Rafael adalah pemain terbaik dalam sejarah Akademi Olahraga’. Di tingkat remaja, ia lebih baik daripada Cristiano Ronaldo,” bebernya kepada L’Equipe.

“Ketika ia memutuskan untuk menjadi penentu, ia melakukannya. Ia hanya perlu ‘klik’ dan ia melakukannya. Ada pemain yang jika mereka memaksakannya, itu tidak berhasil sepanjang waktu. Dengan dirinya, Anda berkata pada diri sendiri, sungguh potensi yang luar biasa, sungguh kekuatan yang luar biasa!”

“Masalah besar yang ia miliki adalah rasa puas diri. Saya mencoba memindahkannya karena saya adalah yang tertua.”
Rafael sendiri mengaku ia sangat mengidolakan Ronaldo. Ia pun mengaku mencontoh banyak hal dari superstar Juventus tersebut.

“Yang terbaik di dunia adalah Cristiano Ronaldo, yang telah membuat karir yang sukses dengan kerja keras dan, seperti saya, lulus dari akademi Sporting dan merupakan contoh yang bagus untuk diikuti,” katanya.

“Saya tahu bahwa saya harus banyak belajar dan bahwa sikap dan komitmen saya adalah dasar untuk mencapai impian saya. Saya masih muda dan saya tidak terburu-buru untuk melakukannya.”

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?