Roberto Mancini Segera Mundur dari Timnas Italia, Ini Empat Calon Penggantinya

admin - Piala Dunia

Pelatih timnas Italia Roberto Mancini.

IDNGoal.news – Kabar mengejutkan datang dari Timnas Italia pasca dipastikan tak bisa mengikuti Piala Dunia 2022. Roberto Mancini selaku pelatih dilaporkan akan segera mengumumkan pengunduran diri dari posisinya saat ini.

Italia hanya mampu berjalan sampai babak kualifikasi setelah dikalahkan Makedonia Utara dalam laga play-off hari Jumat (25/3/2022) kemarin. Pertandingan yang digelar di Stadio Renzo Barbera tersebut berakhir dengan skor 0-1.

Mancini sudah mempersembahkan banyak hal buat Italia. Eks pelatih Manchester City itu adalah dalang di balik kebangkitan Gli Azzurri setelah menelan pil pahit karena tak bisa bermain di Piala Dunia 2018 lalu.

Selain itu, berkat Mancini juga, Italia berhasil melaju hingga ke babak final Euro 2020 dan keluar sebagai juara. Namun tak bisa dimungkiri kalau kegagalan Italia mengikuti Piala Dunia 2022 juga merupakan bagian dari tanggung jawabnya.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

Cannavaro Kandidat Utama

Obrolan soal pemecatan Mancini pasca Italia terdepak di babak kualifikasi Piala Dunia terbilang minim. Namun baru-baru ini, SportMediaset mengabarkan kalau pria 57 tahun itu akan meninggalkan Gli Azzurri.

Diketahui bahwa Mancini akan mengumumkan pengunduran dirinya pada pekan depan. Tepat setelah Italia berhadapan dengan Turki dalam laga yang digelar di Torku Arena, Rabu (30/3/2022) mendatang.

Lantas, siapa yang bakal menduduki kursi kepelatihan setelah Mancini mundur? La Gazzetta dello Sport menyebut nama Fabio Cannavaro sebagai kandidat terkuat untuk menjadi pelatih Gli Azzurri berikutnya setelah Mancini.

Cannavaro memulai kariernya pasca gantung sepatu pada tahun 2013 lalu sebagai asisten pelatih di Al-Ahli. Kemudian, ia melanjutkan kariernya di Guangzhou, Al-Nassr, Tianjin Quanjian, hingga Timnas China.

Tiga Kandidat Lainnya

Ternyata, kandidat pelatih Italia untuk menggantikan Mancini tidak terbatas pada Cannavaro saja. SportMediaset menyebut tiga nama potensial lainnya: Andrea Pirlo, Stefano Pioli, dan Claudio Ranieri.

Laporan dari jurnalis Italia, Simone Malagutti, FIGC telah menghubungi Ranieri dan Pioli untuk mendiskusikan soal kemungkinan melatih Italia. Dari dua sosok ini, tampaknya Pioli yang paling tidak memungkinkan menerima tawaran.

Pasalnya, Pioli sedang menikmati masa-masa kejayaannya bersama AC Milan. Pria berusia 56 tahun tersebut hanya butuh beberapa langkah lagi mengantar Rossoneri juara Serie A untuk pertama kalinya setelah satu dekade.

Ranieri paling memungkinkan karena belum memiliki klub sejak dipecat Watford pada bulan Januari lalu. Sama halnya dengan Pirlo, yang didepak dari Juventus pada musim panas tahun 2021 lalu.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?