Ronald Koeman: Saya Siap Latih Barcelona Selama Bertahun-tahun

robin -

Ronald Koeman

IDNGoal.news – Ronald Koeman merasa punya tanggung jawab dalam tumbuh kembang pemain muda Barcelona saat ini. Oleh karenanya, pria asal Belanda itu siap berbicara dengan manajemen klub perihal perpanjangan kontrak.

Koeman ditunjuk sebagai pelatih Barcelona menggantikan Quique Setien yang dipecat pada tahun 2020 kemarin. Musim perdananya tidak bisa dikatakan apik, tapi setidaknya Koeman mampu mempersembahkan trofi Copa del Rey.

Ketika musim 2020/21 berakhir, sempat beredar kabar bahwa Koeman akan didepak untuk digantikan dengan pelatih baru. Namun pada akhirnya, Joan Laporta selaku presiden klub memilih untuk mempertahankannya.

Sayangnya, ini tidak menjadi pertanda positif bahwa Koeman bakal bertahan lama di Camp Nou. Sebab kontraknya saat ini hanya berlaku sampai akhir musim 2021/22 tanpa ada tanda-tanda bakal diperpanjang dalam waktu dekat ini.

Siap Teken Kontrak Baru

Kabar baiknya buat Koeman, Barcelona bersedia menambah masa abdinya. Namun dengan syarat beberapa target klub musim ini mampu dipenuhi. Target klub tidak hanya berkaitan dengan hasil, tapi juga performa dan pola permainan.

Pria berumur 58 tahun tersebut mengaku sangat terbuka jika Barcelona menyodorinya dengan kontrak baru. Ia menyatakan siap menemani klub meskipun sedang dilanda krisis yang cukup parah saat ini.

“Ya, tentu saja, saya terbuka dengan pembaruan [kontrak]. Saya sangat bersemangat melanjutkan karier sebagai pelatih Barca selama bertahun-tahun, meskipun di saat-saat sulit di klub hari ini,” ujarnya kepada Sport.

Pemain Muda Punya Masa Depan

Seperti yang diketahui, Barcelona mengalami krisis finansial yang cukup parah. Mereka sampai tertolong oleh kemurahan hati beberapa pemain pentingnya seperti Gerard Pique dan Jordi Alba yang bersedia memangkas gajinya.

Di balik krisis ini, ada satu titik terang yang bisa dipegang Barcelona sebagai jaminan masa depan cerah. Yakni soal pemain mudanya yang memiliki potensi besar untuk jadi sosok penting suatu hari nanti.

“Saya kira itu berkat keputusan kami, pelatih dan staf teknis, Barca punya pemain-pemain muda dengan masa depan yang besar dan mudah-mudahan dalam tiga, empat, atau lima tahun saya bisa terus melatih mereka,” pungkasnya.

Saat ini, rata-rata usia skuat Barcelona adalah 26.1 tahun. Ansu Fati dan Pedri merupakan dua pemain termudanya, sementara Gerard Pique menyandang status paling veteran dengan umur 34 tahun.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?