Ronaldo Tinggalkan Madrid, Persaingan dengan Messi Otomatis Berakhir

reza -

Cristiano Ronaldo

IDNGoal.newsCristiano Ronaldo dan Lionel Messi terus terlibat dalam persaingan individu sejak Real Madrid mendatangkan Ronaldo dari Real Madrid pada 2009 lalu. Namun, sajian pertarungan dua pemain terbaik di dunia itu tak lagi terlihat di La Liga musim ini, Ronaldo hengkang ke Juventus, Messi tetap di Barcelona.

Selama sembilan tahun terakhir, pertemuan Madrid dan Barcelona yang bertajuk El Clasico selalu berjalan lebih menarik karena keberadaan Ronaldo dan Messi di masing-masing tim. Dua pemain tersebut terus bersaing merebut gelar pemain terbaik di dunia, masing-masing sudah mengoleksi lima penghargaan Ballon d’Or dalam satu dekade terakhir.

Meski demikian, pelatih Barcelona, Ernesto Valverde meyakini kepergian Ronaldo ke Juve telah mengakhiri persaingannya dengan Lionel Messi. Kini, keduanya berada di liga yang berbeda, dan persaingan mereka tak dapat disaksikan langsung saat bertemu di lapangan.

Tertarik

 

Cristiano Ronaldo


Valverde menilai saat ini perdebatan soal pemain yang lebih baik di antara keduanya mulai jarang terdengar. Dia pun teratrik menantikan dampak kepergian Ronaldo pada Real Madrid musim ini dan musim mendatang.

“Kepergian Ronaldo sepertinya sudah mengakhiri persaingan antara Lee Messi dan Cristiano Ronaldo karena banyak orang jarang menyinggung salah satu tanpa menyebut yang lainnya,” ujar Valverde dikutip dari fourfourtwo.

“Banyak orang tertarik (pada kepergian Ronaldo), saya juga tertarik melihat bagaimana hal itu akan memengaruhi sepak bola Real Madrid dan apa yang mungkin mereka lakukan di bursa transfer.”

La Liga dan Liga Champions

 

Cristiano Ronaldo


Selain berdampak pada Madrid, Valverde meyakini kepergian Ronaldo juga akan berpengaruh pada La Liga dan Liga Champions. Ronaldo terbukti sudah empat kali menaklukkan Liga Champions bersama Real Madrid, tiga di antaranya diraih beruntun.

“Juga tertarik mengetahui bahwa Ronaldo ada di klub lain dan apa dampaknya untuk La Liga dan Liga Champions.”

Lebih lanjut, soal perkembangan timnya, Valverde kini berusaha membentuk Barcelona yang tampil menyatu, baik saat menyerang maupun bertahan. Dia percaya Barca bisa jadi tim yang tak terkalahkan jika mampu melakukannya.

“Kami berusaha keras untuk terus bersatu, baik saat menyerang maupun bertahan,” tutup dia.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?