Satu Alasan Gagalkan Sadio Mane Raih Ballon d’Or: Dari Afrika!

robin -

Sadio Mane

IDNGoal.news – Malam gala Ballon d’Or 2019 telah usai digelar. Lionel Messi tampil sebagai pemenang. Namun, perdebatan tentang Ballon d’Or 2019 belum usai. Salah satunya terkait kelayakan Sadio Mane.

Lionel Messi memenangkan Ballon d’Or 2019 dengan keunggulan tipis atas Virgil van Dijk. Pemain Barcelona unggul tujuh poin dari Van Dijk. Lionel Messi meraih gelar Ballon d’Or keenam dalam karirnya.

Lionel Messi tampil bagus pada tahun 2019. Dia mencetak banyak gol dan meraih sepatu emas Eropa. Messi juga membawa Barcelona menjadi juara La Liga. Tetapi, dia gagal bersama timnas Argentina.

Sedangkan, beberapa pemain dianggap juga tampil bagus. Virgil van Dijk dan Cristiano Ronaldo mencapai catatan tidak lebih buruk dibanding Messi. Lalu, ada pula Sadio Mane yang tampil bagus sepanjang 2019.

Sadio Mane Gagal Karena Berasal dari Afrika

Sadio Mane tampil bagus pada tahun 2019. Dia membawa Liverpool menjadi juara Liga Champions. Selain itu, Sadio Mane juga membawa Senegal melangkah ke final Piala Afrika 2019, kalah dari Aljazair pada laga final.

Pemain timnas Senegal, Cheikhou Kouyate, yakin sang rekan satu tim layak meraih Ballon d’Or. Pemain berusia 27 tahun telah bermain baik dan berada di level atas Eropa. Akan tetapi, asa satu alasan mengapa Sadio Mane tidak meraih Ballon d’Or.

“Menurut saya, Ballon d’Or layak untuk diberikan Sadio Mane, tidak ada keraguan tentang itu,” ucap Cheikhou Kouyate dikutip dari The Mirror.

“Dengar, andai Sadio adalah orang Brasil atau Eropa, itu tidak akan ada perdebatan. Sadio Mane lah yang akan menjadi pemenang dan itu bukan karena saya bermain dengannya di tingkat internasional, atau karena saya mengenalnya, itu hanya apa yang dirasakan orang-orang yang menonton sepak bola,” tegas pemain Crystal Palace itu.

“Kita semua tahu bahwa Lionel Messi benar-benar bagus, mungkin pemain terbaik, tetapi bagaimana dengan musim lalu?,” katanya.

Ballon d’Or dan Pemain Afrika

Ballon d'Or dan Pemain Afrika

George Weah © Ist

Ballon d’Or pertama kali digelar pada 1956 lalu. Saat itu, sosok yang mampu meraih gelar yakni Stanley Matthews dari Inggris. Ballon d’Or terus digelar hingga 2019, walau sempat berganti format dan bekerja sama dengan FIFA.

Sepanjang sejarah, baru ada satu pemain asal Afrika yang menjadi pemenang Ballon d’Or. Momen itu terjadi pada 1995 silam, George Weah menjadi pemenang. Dia mengalahkan Jurgen Klinsmann dan Jari Limanen.

Pada edisi 2019, terdapat tiga pemain asal Afrika yang masuk dalam 10 besar Ballon d’Or. Selain Sadio Mane, ada juga nama Mohamed Salah [Mesir] dan Riyad Mahrez [Aljazair].

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?