Sedang Melempem di Liverpool, Van Dijk Malah Dapat Pujian dari Neymar: Kuat dan Cerdas

admin - Liga Champion

Neymar melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Lille pada pekan ke-3 Liga Prancis 2022/2023, Senin (22/8/2022) dini hari WIB.

IDNGoal.news – Superstar PSG, Neymar, memberikan pujian kepada Virgil van Dijk meski belakangan ini bek Liverpool itu tampak mengalami penurunan performa.

Neymar sudah berstatus sebagai penyerang terbaik di dunia sejak masih remaja. Namanya kian meroket setelah gabung Barcelona.

Ia kini membela PSG. Di sepanjang kariernya, Neymar tentu saja sudah sering berhadapan dengan lawan-lawan tangguh.

Dalam wawancaranya dengan DAZN, Neymar lantas ditanya siapa saja lawan-lawan tangguh yang pernah dihadapinya. Ia kemudian menyebut nama bek Manchester City Kyle Walker sebagai lawannya yang paling tangguh.

Pujian untuk Van Dijk

Akan tetapi, Neymar juga mengatakan lawan tangguh lainnya yang pernah ia hadapi adalah Virgil van Dijk. Ia mengatakan Bek Liverpool itu adalah bek yang perkasa.

Namun bukan itu juga kelebihannya. Ia mengatakan Van Dijk juga bermain dengan mengandalkan otaknya.

“Bermain melawan Van Dijk itu sulit karena sebagai bek tengah ia sangat kuat dan cerdas,” puji Neymar.

“Ia tahu kapan waktu yang tepat untuk menutup Anda dan kapan harus masuk untuk melakukan tekel. Itu membuatnya lebih sulit,” pujinya lagi.

Performa Van Dijk Menurun

Pujian Neymar itu sendiri datang di tengah-tengah munculnya sejumlah sorotan atas menurunnya performa Virgil van Dijk bersama Liverpool. Penurunan performa itu dinilai dari seringnya ia membuat kesalahan pada awal musim ini.

Padahal Van Dijk dikenal jarang melakuka kesalahan. Contoh kesalahan yang ia lakukan adalah diam saja saat Jadon Sancho berdiri bebas di kotak penalti di laga Manchester United vs Liverpool di Old Trafford.

Alhasil Sancho bisa bebas menentukan target tendangannya. Akibat hal tersebut Van Dijk sempat didamprat oleh James Milner.

Ia juga dengan mudah memberikan dua penalti pada awal musim ini. Yang pertama lawan Fulham di Premier League dan kemudian lawan Napoli di Liga Champions.

Alasan Performa Van Dijk Menurun

Eks bek Crystal Palace, Damian Delaney, sempat membeberkan analisanya terkait penyebab penurunan performa Virgil van Dijk. Ia mengatakan Van Dijk sekarang dalam kondisi kelelahan.

Hal itu memengaruhi tingkat konsentrasinya. Alhasil ia pun tak bisa membaca permainan lawan dengan akurat seperti biasanya.

“Orang ini adalah pembaca permainan. Dua langkah di depan orang lain. Ia masuk di babak pertama dengan celana pendek yang bersih,” pujinya pada Off the Ball.

“Saya kira, jika tingkat konsentrasi Anda turun, bahkan beberapa persen, dan Anda adalah pembaca permainan dan Anda bereaksi, maka saya memberi tahu Anda jika Anda bereaksi pada tingkat itu, maka Anda selesai. Ia terlihat kelelahan,” terangnya.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?