Seharusnya Sadio Mane, Lionel Messi Disebut Tidak Layak Raih Ballon d’Or

robin -

Sadio Mane

IDNGoal.news – Ballon d’Or 2019 lalu diyakini tidak berjalan adil dan akan selalu memihak superstar Barcelona, Lionel Messi. Meski musimnya terbilang standar, Messi tetap terpilih sebagai pemain terbaik di dunia.

Kemenangan Messi terus diragukan, salah satunya oleh mantan pemain Chelsea, Demba Ba. Menurutnya, ada beberapa pemain yang lebih layak menang daripada Messi, misalnya Sadio Mane.

Menjalani musim yang luar biasa di level klub dan internasional, Mane bahkan tidak masuk dalam daftar tiga besar. Kegagalan Mane ini seakan-akan mengamini rumor bahwa pemain Afrika selalu sulit meraih Ballon d’Or.

Bicara Statistik

Ba yakin Mane bakal tetap diabaikan seandainya statistik penyerang Senegal itu ditukar dengan Messi. Pada intinya, Ba menuding penghargaan individu itu lebih memperhitungkan popularitas pemain daripada performa.

Betapa tidak, Mane berperan penting membantu Liverpool menjuarai Liga Champions dan mengamankan peringkat kedua Premier League. Dia juga membantu Senegal mencapai final AFCON.

“Sekarang kita lebih sering bicara soal statistik. Saya yakin bahwa dia [Mane] memiliki statistik individual dan kolektif yang cukup untuk menjuarai Ballon d’Or,” ungkap Ba kepada The Independent.

“Saya selalu berkata, bahwa jika Anda menukar statistik Mane dengan Messi di tahun 2019, Messi bakal tetap menang meski dengan jumlah gol yang lebih sedikit.”

Melihat Musim

Ba berharap Ballon d’Or tidak terlalu sempit dalam menilai performa pemain. Seharusnya musim dilihat secara keseluruhan, bukan karena performa ajaib pada sejumlah pertandingan seperti yang dilakukan Messi.

“Fakta bahwa Mane menjuarai Liga Champions, Piala Super, dia melewati musim yang luar biasa dan menjadi salah satu top scorer Premier League, itu gila!” imbuh Ba.

“Tidak hanya itu, dia juga selalu jadi penentu pada banyak pertandingan. Saya yakin dia bisa saja memenangkan itu [Ballon d’Or].”

“Saya membahas ini dengan banyak pemain. Mereka berkata: ‘Ya, tapi Messi pemain yang lebih baik’. Tentu saja, semua orang tahu itu! Tapi yang seharusnya dinilai adalah musim yang lebih baik,” tutupnya.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?