Sempat Tertinggal, Belgia Menunjukkan Mental Juara

reza -

Belgia

IDNGoal.news – Belgia harus bersusah payah mengalahkan Jepang di laga 16 besar Piala Dunia 2018 Rusia, Selasa (3/7) dini hari WIB. Sempat tertinggal 0-2, mental juara Belgia akhirnya berperan besar untuk membalikkan kedudukan menjadi 3-2. Belgia pun melangkah ke perempat final.

Di luar dugaan, pertandingan itu ternyata berjalan sulit untuk Belgia. Sebagai satu-satunya tim Asia di 16 besar, Jepang sepertinya bermain dengan tanggung jawab besar untuk menjaga harga diri. Permainan Jepang sungguh disiplin dan tangguh di setiap duel.

Statistik kedua tim pun tak terlampau jauh. Belgia mencatatkan delapan tembakan tepat sasaran, sedangkan Jepang membuat lima. Penguasaan bola pun tak berbanding jauh, Belgia dengan 57 persen dan Jepang dengan 43 persen.

Belgia dan Jepang menyuguhkan salah satu laga paling seru di Piala Dunia 2018 Rusia. 

Pertunjukan Mental

Pelatih Belgia, Roberto Martinez memuji keberhasilan anak asuhnya yang pantang menyerah meski sempat tertinggal dua gol. Dia pun menilai Belgia telah membuat sejarah dengan sukses meraih kemenangan meski sempat tertinggal dua gol.

“Sebenarnya kami tertinggal 2-0 dan harus menemukan solusi, kami harus menemukan reaksi, tetapi lebih dari itu yang dibutuhkan adalah hasrat dan kebersamaan para pemain yang ingin berjuang maksimal,” ujar Martinez dikutip dari marca.

“Jika anda melihat statistik tidak banyak pertandingan yang mencatat sebuah tim bisa kembali dari ketertinggalan 2-0 di Piala Dunia.”

Keyakinan Pemain

Dikatakannya, sebagai pelatih dia hanya mencoba menemukan solusi dengan melihat komposisi pemain yang dia punya. Selebihnya selalu ditentukan oleh para pemain itu sendiri, seberapa besar daya juang mereka, seberapa besar keinginan mereka untuk menang.

“Saya rasa kemenangan ini disebabkan oleh sikap, fokus, hasrat, mental pantang menyerah para pemain.”

“Juga keyakinan para pemain ketika mereka masuk ke lapangan (cadangan). Melakukannya dalam 90 menit adalah pencapaian luar biasa,” tandasnya.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?