Shkodran Mustafi Putuskan Bertahan, Arsenal Tidak Keberatan

robin - Liga Inggris

Shkodran Mustafi

IDNGoal.news – Bek asal Jerman, Shkodran Mustafi, memilih untuk bertahan meski telah diwanti-wanti akan mendapatkan jatah bermain yang lebih sedikit pada musim ini. Arsenal pun menghormati keputusannya.

Keyakinan melihat Mustafi hengkang pada musim panas kemarin sempat meninggi. Di mana Unai Emery selaku pelatih secara terbuka mempersilahkan dirinya untuk mencari klub lain sebelum bursa transfer ditutup.

Beberapa pemain yang sudah tak diinginkan, seperti Alex Iwobi dan Henrikh Mkhitaryan, langsung memutuskan pergi saat tahu menit bermain mereka tidak akan banyak. Namun Mustafi justru memilih untuk bertahan.

Padahal, jika melihat komposisi materi di lini belakang, Mustafi terhitung sebagai surplus. Tanpa Konstantinos Mavropanos yang sedang cedera, pemain berumur 27 tahun tersebut bisa dianggap sebagai pilihan kelima Emery saat menentukan pengawal di jantung pertahanan.

Hargai Keputusan Mustafi

Emery sendiri sudah pernah menegaskan bahwa dirinya akan memperlakukan Mustafi seperti pemain yang berada di luar skuat asuhannya. Namun karena Mustafi sendiri yang ingin bertahan, pelatih asal Spanyol itu memutuskan untuk menghormatinya.

“Tentu saja saya menghormati keputusannya. Saat dia memutuskan, saya berbicara kepadanya dan berkata ‘anda adalah kelebihan di dalam skuat, saya akan bekerja dengan anda seolah pemain lainnya’,” tutur Emery seperti yang dikutip dari Goal International.

“Saya tak tahu siapa di balik keputusannya [untuk bertahan], namun saat dia memutuskan untuk bertahan di sini, dia akan menjadi pemain lain di dalam skuat ini,” lanjutnya.

Mustafi Sedang Termotivasi

Situasi Mustafi di Arsenal sendiri tidak bisa dikatakan apik. Laga kontra Barcelona di masa pramusim kemarin adalah kali terakhir mantan bek Valencia tersebut terlihat di atas lapangan. Di beberapa kesempatan, ia mendapat ejekan dari para penggemar the Gunners.

Satu hal yang membuat Emery terkesan adalah mental milik pemainnya itu. Meski sudah dipersilahkan pergi dan telah diberi pendekatan yang dingin, Mustafi tetap menunjukkan motivasi yang besar dalam sesi latihan rutin.

“Sejak dia memutuskan untuk bertahan di sini, dia berlatih setiap hari dengan motivasi besar dan semangat yang bagus,” tambah mantan pelatih PSG dan Sevilla tersebut.

“Itu adalah satu hal yang saya inginkan dari setiap pemain: berlatih dengan semangat yang bagus, membantu dan memberikan kami performanya di latihan dan setelahnya, bila saya memutuskan, di pertandingan,” tandasnya.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?