Southgate Beri Pembelaan pada Sterling

reza -

Raheem Sterling

IDNGoal.news – Di tengah apiknya penampilan Inggris pada Piala Dunia 2018, sosoh Raheem Sterling mendapat sorotan. Sterling dinilai belum tampil maksimal, seperti yang dilakukan ketika membela Manchester City.

Sterling tampil begitu memukau untuk Man City pada musim 2017/18. Pemain berusia 23 jadi pilihan utama pelatih Pep Guardiola dan mampu memberikan gelar juara bagi The Citizen. 18 gol dan 11 assist dia torehkan dari 34 pertandingan yang dimainkan.

Tapi, sejauh ini penampilan Sterling belum maksimal bersama Inggris. Karena itu, eks pemain Liverpool pun kerap mendapatkan kritik yang tajam dari fans Inggris. Tapi, pelatih Gareth Southgate memberi pembelaan pada Sterling.

Pembelaan Southgate

Menurut Southgate, Sterling memainkan peran yang berbeda di klub dan juga di timnas. Bersama Southgate, sang pemain tidak berperan sebagai winger, tapi sebagai penyokong Harry Kane yang jadi penyerang tunggal.

“Saya memiliki kepercayaan yang besar kepada Sterling, dia telah menjadi bagian penting dalam tim. Untuk lima atau enam laga terakhirnya, dengan sistem baru kami, dia menjadi pemain kunci,” buka Southgate.

“Kemampuannya berlari dari lini tengah dan pertukaran posisinya dengan para pemain di depan sangatlah penting,” sambung Southgate.

Raport Buruk Sterling di Timnas

Jika menilik penampilan Sterling bersama timnas, tidak salah memang kalau banyak fans Inggris yang mengkritiknya. Sebab, kontribusinya memang kurang maksimal. Meskipun kesempatan bermain terus dia dapatkan.

Terakhir kali Sterling mencetak gol untuk Inggris terjadi pada Oktober 2015 silam, ketika Inggris menang dengan skor 2-0 atas Lithuania di Kualifikasi Euro 2018.

“Kadang saya bertanya-tanya, mengapa ada begitu banyak yang fokus melihatnya di tim dan bukan pemain lain. Tapi, dia adalah pemain yang kuat dan tangguh dan dia sangat menantikan momen ini,” papar pelatih 47 tahun.

Marcus Rashford Mengancam

Southgate datang ke Piala Dunia 2018 dengan membawa formasi 3-5-2. Sterling bermain sebagai dua orang penyerang bersama Harry Kane. Ada persaingan yang ketat di posisi yang kini ditempati oleh Sterling.

Sebab, masih ada Marcus Rashford di bangku cadangan. Jika Sterling tidak tampil maksimal, buka tidak mungkin Rashford akan menggusurnya. Apalagi, Rahsford jelas lebih fasih bermain di posisi penyerang.

“Saya cukup yakin jika ia mencetak gol, maka anda akan melihatnya seperti pemain yang berbeda. Ia harus mencetak gol karena saat ini Rashford terus membayang-bayanginya,” kata eks bomber Inggris, Alan Shearer.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?