Spanyol Tersingkir, Iniesta Pensiun

reza -

Andres Iniesta

IDNGoal.news – Gelandang flamboyan Andres Iniesta memilih pensiun dari sepakbola internasional setelah Spanyol tersingkir di babak 16 besar Piala Dunia 2016 usai dikalahkan tuan rumah Rusia lewat adu penalti (1/7).

Dalam laga yang digelar di Luzhniki Stadium, Iniesta tampil sejak babak kedua. Pemain 34 tahun itu mencetak gol dalam babak adu penalti, akan tetapi Spanyol harus kalah 3-4.

Dalam wawancara dengan Radio Estadio seusai pertandingan, Iniesta menyatakan laga tersebut menjadi partai terakhirnya berseragam La Furia Roja. Keputusan ini dipertegas timnas Spanyol lewat pernyataan di laman resmi mereka.

Karier Hebat Berakhir

“Memang benar ini adalah laga terakhir saya dengan tim nasional, di pentas yang indah,” ujar Iniesta seperti dikutip laman resmi timnas Spanyol.

“Periode menakjubkan sudah berakhir. Terkadang sebuah akhir bukanlah yang Anda impikan,” tambah pemain yang baru saja meninggalkan Barcelona menuju Vissel Kobe tersebut.

“Tim nasional akan terus suksesa karena level para pemain yang kami miliki dan itulah yang harus mereka coba,” tandasnya.

Bukan Salah Lopetegui

Lebih lanjut, Iniesta menegaskan bahwa para pemain lah yang bertanggung jawab atas kegagalan mereka di Rusia. Pemecatan Julen Lopetegui dari kursi pelatih sehari sebelum turnamen dimulai bukanlah suatu alasan.

“Akan menjadi keuntungan jika mengatakan bahwa masalah soal Lopetegui berandil terhadap hasil ini, pada akhirnya yang memegang bola adalah para pemain,” tegas Iniesta.

“Pelaku utama dalam sepakbola adalah para pemain yang berada di lapangan,” tukasnya.

Iniesta memiliki caps sebanyak 131 kali bersama timnas Spanyol dan mencetak 13 gol, termasuk satu gol yang mengantar negaranya meraih gelar juara dunia pada 2010 silam.

Share

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?